Kamis, 15 April 2021 02:16

Lewat FEKDI 2021, ​Kota Kediri Ikut Sinergi dalam Akselerasi Digital Ekonomi dan Keuangan Indonesia

Kamis, 08 April 2021 16:15 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Lewat FEKDI 2021, ​Kota Kediri Ikut Sinergi dalam Akselerasi Digital Ekonomi dan Keuangan Indonesia
Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit (paling kanan) dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Sofwan Kurnia. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebagai salah satu langkah mendorong kesadaran tentang pentingnya digitalisasi ekonomi dan keuangan yang inklusif dan efisien, baik di pusat maupun di daerah, Bank Indonesia (BI) berkolaborasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian) menyelenggarakan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2021 yang merupakan perhelatan pertama di Indonesia.

Mengangkat tema “Bersinergi dalam Akselerasi Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Indonesia”, FEKDI digelar secara virtual yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Sofwan Kurnia di ruang Command Center Balai Kota Kediri, Rabu (7/4/2021).

Ada tiga sesi pembahasan pada FEKDI 2021, pertama yakni Panel Leader Insight, komitmen bersama 4 pimpinan lembaga untuk mendorong efektivitas penyaluran bansos menuju digitalisasi bansos G2P 4.0.

Hadir sebagai narasumber, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa.

BACA JUGA : 

Rakor PPKM Mikro, Wali Kota Kediri Paparkan Langkah Strategis Penanganan Covid-19

Puluhan Sopir Angkot di Kediri Kembali Dapatkan Paket Sembako dari Si Jamal

Wali Kota Kediri Imbau Pelaksanaan Ibadah Bulan Ramadan dan Idulfitri Patuhi Prokes

Fokuskan Vaksinasi Pada Pekerja Publik, Pemkot Kediri Sasar Tiga Mall di Kota Kediri

Hadir sebagai narasumber, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa.

Sesi kedua, yakni talkshow P2DD dengan tema "Sinergi Menuju Implementasi P2DD". Lalu sesi terakhir, yaitu Plenaru Talkshow Digitalisasi Bansos, dengan tema sinergisitas dan dukungan untuk pengembangan G2P 4.0 dalam meningkatkan efektivitas penyaluran dan pemanfaatan dana bansos. Pada pembahasan ini ada 4 pembicara, yaitu Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian PPN/Bappenas Pungky Sumadi, Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK Tubagus Achmad Choesni, dan Gubernur Bali Wayan Koster.

Di akhir sesi pertama, Perry Warjiyo menyampaikan bahwa Bank Indonesia telah berkoordinasi dengan OJK dan seluruh industri jasa keuangan.

"Kami siap mendukung inisiatif maupun kebijakan dari pemerintah, agar bansos dapat disalurkan kepada penerima dengan lebih baik sesuai dengan kebijakan yang ada. Karena semua adalah tindak lanjut instruksi presiden untuk kesejahteraan masyarakat," terangnya. (uji/zar)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...