Minggu, 09 Mei 2021 08:01

Polisi Amankan Mediasi Pasca Pelaksanaan Ujian Perangkat Desa Sidolaju

Jumat, 09 April 2021 21:55 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Zainal Abidin
Polisi Amankan Mediasi Pasca Pelaksanaan Ujian Perangkat Desa Sidolaju
Mediasi yang berlangsung di Kantor Desa Sidolaju.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Pada 31 Maret lalu, Pemerintah Desa (Pemdes) Sidolaju, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi menggelar ujian perangkat desa.

Hal tersebut dilakukan karena kaur perencanaan, kasi kesejahteraan, dan kasi pemerintahan di desa tersebut mengalami kekosongan.

Hari ini, Jumat (09/04), Kantor Desa Sidolaju dipenuhi anggota polisi yang berjaga di depan maupun sekitar kantor desa. Ternyata di kantor desa sedang dilakukan klarifikasi dan mediasi terkait adanya dugaan kecurangan yang dilakukan panitia pelaksana dalam ujian perangkat desa beberapa waktu lalu.

Ada beberapa peserta ujian perangkat yang tidak lolos dalam seleksi mengadu kelembaga bantuan hukum (LBH) serta mengungkapkan dugaan kecurangan itu di media sosial.

BACA JUGA : 

Covid-19 di Ngawi Menunjukkan Tren Kenaikan, Anggota TNI Blusukan Sosialisasikan Prokes

Wakapolres Ngawi Kukuhkan Pengurus Da'i Kamtibmas

Nekat Mudik Saat Lebaran, ASN Pemkab Ngawi Bakal Disanksi Tak Terima TPP

Maksimalkan Serapan Gabah, Bupati Ngawi Lakukan MoU dengan Gubernur DKI

Karena itu, hari ini, kepala desa, camat, perwakilan dari Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi bersama Kapolsek dan Danramil Widodaren melakukan klarifikasi dan mediasi di Kantor Desa Sidolaju.

Mediasi antara peserta ujian dengan panitia pelaksana maupun kepala desa serta camat berlangsung dengan kondusif. Dari hasil tanya jawab, dugaan adanya kecurangan bisa ditepis.

"Secara umum DPMD Ngawi menilai pelaksanaan ujian Perangkat Desa Sidolaju sudah sesuai aturan dan transparan," jelas Fuad Misbahudin, Kabid Pemdes DPMD Ngawi.

Sedangkan pihak LBH yang berasal dari Sragen, Jateng, semula akan turut mendampingi peserta ujian tidak diperkenankan masuk. Sehingga mediasi tersebut hanya dihadiri peserta ujian dengan panitia dan kepala desa serta camat setempat.

Kepala Desa Sidolaju Karminto menyarankan peserta yang keberatan dengan hasil ujian menempuh jalur hukum yang sesuai. "Kalau peserta ujian perangkat ada yang keberatan dengan hasilnya silahkan menempuh jalur hukum," terang Karminto.

Sebelumnya memang ada dua peserta ujian perangkat yang mengadu pada LBH dari Jateng tersebut yaitu Sidiq Ady Prasetyo dan M. Puji Widodo. Keduanya merupakan peserta ujian perangkat formasi kasi kesejahteraan yang tidak lulus seleksi. (nal/ian)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...