Tingkatkan IKD, BPBD Pamekasan Gelar Rakor dengan OPD Terkait

Tingkatkan IKD, BPBD Pamekasan Gelar Rakor dengan OPD Terkait BPBD Pamekasan saat mengadakan rapat koordinasi dengan semua OPD terkait dalam meningkatkan IKD Kabupaten Pamekasan. (foto: ist)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Pamekasan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) secara intensif bertekad menguatkan dan meningkatkan IKD (Indeks Ketahanan Daerah) mulai awal tahun 2021.

IKD Kabupaten Pamekasan selama ini terpuruk akibat tiada kerja sama dan koordinasi yang intensif antara OPD terkait. BPBD Kabupaten Pamekasan sebagai leading sector, mulai menggali potensi dan kapasitas sumber daya manusia hingga menguatkan sinergi antarlembaga dan struktur organisasi.

Kalaksa BPBD Kabupaten Pamekasan Amin Jabir menyampaikan bahwa pentingnya koordinasi dan kolaborasi serta sinergi dalam upaya penanggulangan bencana di Pamekasan. Sebab, penanggulangan bencana harus secara bersama dan serentak, tidak parsial dan terpisah-pisah.

“Hasil rapat semua OPD sepakat untuk bersinergi dalam penanganan bencana, baik pra, saat, dan pascabencana,” ungkapnya pada media selesai mengadakan rapat koordinasi dengan semua OPD, Senin (12/4/2021) siang.

Secara konkret, lanjutnya, ada kesepakatan untuk dibuat regulasi sebagai payung hukum adanya satgas. "Itu yang berisi tentang pembagian tugas yang jelas sesuai tupoksi dan kewenangan OPD terkait nanti," ujarnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan peran dan fungsi setiap OPD dalam meningkatkan IKD Kabupaten Pamekasan. Sebab, dalam upaya peningkatan itu dibutuhkan semua daya dan upaya OPD terkait, baik secara langsung program maupun dukungan data informasi lainnya. “Diharapkan pada tahun 2021 ini IKD Kabupaten Pamekasan bisa meningkat,” tukasnya. (yen/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO