Kamis, 13 Mei 2021 10:19

Temui Kader PPKBK dan Sub-PPKBK, Gus Ipul Bahas Lima Isu Nasional

Selasa, 13 April 2021 16:55 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ardianzah
Temui Kader PPKBK dan Sub-PPKBK, Gus Ipul Bahas Lima Isu Nasional
Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul). (foto: ARDIANZAH/BANGSAONLINE)

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot Pasuruan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pasuruan menggelar acara Penggerakan Kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) Pembantu Pembina Keluarga Berencana Kelurahan dan Sub-Pembantu Pembina Keluarga Berencana Kelurahan (PPKBK dan Sub PPKBK) sekecamatan Kota Pasuruan di Gedung Kesenian Dharmoyudo Kota Pasuruan, Senin (12/4/2021).

Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua bagian, yakni pukul 08.00 WIB di Kecamatan Pangungrejo dan Kecamatan Bugul Kidul dan pukul 12.30 WIB di Kecamatan Gadingrejo dan Kecamatan Purworejo.

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan terima kasih kepada para kader yang selama ini telah ikut berkontribusi memajukan Kota Pasuruan dalam bidangnya masing-masing, terutama dalam bidang perlindungan anak dan pemberdayaan perempuan.

BACA JUGA : 

Wali Kota Pasuruan Izinkan Warganya Takbiran dan Mudik Lebaran, Asalkan...

Sempat Diprotes Warga, Jalan Rusak di Ruas Talun-Gununggangsir Pasuruan Mulai Dilakukan Perbaikan

Jelang Lebaran, ​DPMD Kabupaten Pasuruan Instruksikan Kepala Desa Segera Cairkan Insentif RT/RW

Songsong Digitalisasi UMKM, Wali Kota Pasuruan Luncurkan Aplikasi Si Duta dan Kurma

Pada kesempatan tersebut, Gus Ipul juga menyampaikan lima masalah isu terkait perempuan dan anak yang ada di Kota Pasuruan yang kini menjadi diskursus tingkat nasional. Pertama, yakni terkait meningkatnya kekerasan pada anak selama masa pandemi Covid-19.

"Berdasarkan data dari KPAI kekerasan pada anak meningkat, kita jangan biasakan lakukan kekerasan pada anak, apalagi sampai memukul," tegas Gus Ipul.

Kedua, lanjut Gus Ipul, yakni meningkatnya pernikahan dini pada anak. Ketiga, Kota Pasuruan tergolong sebagai salah satu kota yang masih tinggi pada angka kematian anak. "Saya titip pesan angka kematian anak termasuk ibu bisa lebih rendah," ujar Gus Ipul.

Isu keempat, imbuh Gus Ipul, yakni naiknya angka kelahiran bayi pada masa pandemi Covid-19. Terakhir, yakni banyaknya perempuan yang menjadi kepala keluarga (KK) yang jumlahnya lebih dari 13.000 orang di Kota Pasuruan, baik karena suaminya meninggal, sakit, atau karena perceraian. Terkait hal itu, Gus Ipul ingin nantinya setiap kepala keluarga (KK) mendapat bantuan sesuai dengan kategori usianya.

"Saya berharap isu-isu ini dapat menjadi fokus PPKBK dan Sub-PPKBK agar jumlahnya lebih melandai, sehingga visi Pemerintah Kota Pasuruan guna menjadikan maju ekonominya, indah kotanya, dan harmoni warganya bisa tercapai," tukasnya. (ard/par/zar)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...