​Tokoh, Dokter, Jenderal dan DPR Ramai-Ramai Vaksin Nusantara, Loh AstraZeneca dan Sinovac?

​Tokoh, Dokter, Jenderal dan  DPR Ramai-Ramai Vaksin Nusantara, Loh AstraZeneca dan Sinovac? Dahlan Iskan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. 

Benarkah mereka lebih percaya pada vaksin buatan anak bangsa ketimbang vaksin impor seperti dan AstraZeneca. Bukankah BPOM (Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan) tidak merekomendasi sehingga sempat layu sebelum berkembang.

Ya, kenapa para dokter, tokoh nasional, dan para anggota DPR RI justru minta . Padahal mereka sudah dijadwal vaksin dan vaksin kontroversial AstraZaneca?

Silakan baca tulisan Dahlan Iskan, wartawan kondang, yang juga ikut antre di Disway dan HARIAN BANGSA serta BANGSAONLINE.com hari ini, Rabu, 14 April 2021. Selamat membaca:

MANTAN menteri kesehatan ini menelepon mantan menteri kesehatan. Selasa kemarin. "Kok ini saya baca Pak Sudi Silalahi sudah vaksinasi . Saya juga dong," ujar Siti Fadilah Supari kepada Terawan Agus Putranto.

Bu Fadilah adalah menteri kesehatan di zaman Presiden SBY. Terawan menteri kesehatan di zaman Presiden Jokowi. Dua-duanya dokter lulusan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Fadilah lulus spesialis jantung di Universitas Indonesia, Jakarta. Terawan spesialis radiologi dari Universitas Airlangga, Surabaya. Fadilah mendapat gelar doktor dari UI, sedang Terawan dari Universitas Hasanuddin, Makassar.

Pagi-pagi kemarin, rupanya, Fadilah sudah membaca Disway. Seperti biasa. Dengan semangat. Dia terprovokasi oleh kisah Sudi Silalahi. Padahal Fadilah sudah lama menetapkan tekad: hanya mau melakukan vaksinasi kalau menggunakan .

Fadilah adalah orang yang bergelut dengan persoalan virus. Dalam teori sekaligus praktik. Wabah flu burung terjadi pada masa dia jadi menteri kesehatan. Nama Indonesia harum kala itu: Indonesia menemukan vaksin flu burung.

"Saya ini punya kelemahan di sistem imun saya. Saya tidak berani pakai vaksin yang dihasilkan melalui RNA. Saya kan ahli di bidang itu. Saya tahu apa risikonya," ujar Fadilah pada Disway kemarin sore.

Apa reaksi Letnan Jenderal dr Terawan?

"Saya langsung dijadwalkan Kamis besok," ujar Fadilah. "Saya akan datang dengan anak saya. Kami berdua semangat menjalani ," tambahnyi.

Ternyata Fadilah juga punya hubungan khusus dengan Terawan. "Yang membelikan peralatan DSA itu saya, sebagai menteri kesehatan," ujar Fadilah. Dengan menggunakan jalur kementerian kesehatan pengadaan alat tersebut bisa lebih cepat. Juga lebih tepat, sesuai dengan bidangnya –dari pada lewat kementerian pertahanan (Lihat Disway kemarin).

"Pak Sudi memang minta tolong ke Kemenhan. Tapi akhirnya juga minta tolong ke saya," ujar Fadilah. "Bahkan Pak SBY juga ikut meminta," katanyi.

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO