Minggu, 20 Juni 2021 20:34

PWNU Jatim Kawal Kasus Dugaan Penganiayaan Anak oleh Oknum Petugas Linmas

Jumat, 23 April 2021 20:54 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
PWNU Jatim Kawal Kasus Dugaan Penganiayaan Anak oleh Oknum Petugas Linmas
Ma'ruf Syah, S.H., M.H., Wakil Ketua PWNU Jatim Bidang Hukum. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PWNU Jawa Timur menegaskan komitmennya untuk mengawal kasus dugaan penganiayaan terhadap FA yang baru berusia 15 tahun. Pernyataan itu disampaikan oleh Wakil Ketua PWNU Jatim bidang hukum, Ma'ruf Syah.

Ma'ruf mengungkapkan kegeramannya terhadap kasus penganiayaan ini, bukan karena FA adalah putera H. Rasyidi, Bendahara PWNU Jatim dan Bendahara Umum MUI Jatim. Tapi karena pelakunya diduga adalah oknum petugas Linmas Kota Surabaya.

"Linmas itu adalah unsur negara yang seharusnya melindungi masyarakat. Bukan sebaliknya justru menjadi pelaku kekerasan. Apalagi korbannya anak-anak dan mengalami luka-luka serta traumatik. Kami akan kawal kasus ini hingga meja hijau dan pelakunya mendapat hukuman," tegas Ma'ruf Syah di Kantor PWNU Jatim, Jumat (23/4/2021).

Ma'ruf mengungkapkan, sebagai tradisi NU, pihaknya sudah mengundang Kepala BPB Linmas Kota Surabaya, Irvan Widyanto untuk bertabayun. Namun ditunggu hingga sore, anak buah Eri Cahyadi itu tak kunjung datang ke PWNU Jatim.

BACA JUGA : 

Pemkot Surabaya Dorong Pemenuhan Aksesibilitas bagi Penyandang Tunanetra

Bunker Tegalsari akan Difungsikan Jadi Coworking Space Hingga Sentra UMKM

Posko Penyekatan di Surabaya Sifatnya Membantu Pemkab Bangkalan

Pasca Perusakan Posko, Tokoh Pemuda Madura Minta Penyekatan di Jembatan Suramadu Dievaluasi

Alih-alih datang, Irvan hanya mengutus anak buahnya. Padahal dari pihak PWNU Jatim sejumlah pengurus harian sudah menunggu sejak ba'da Salat Jumat.

"Kita sudah undang tabayun, tapi gak datang. Ya sudah, kita percayakan pada proses hukum. Toh, bukti-bukti juga cukup. Kita punya visum, saksi, dan rekaman CCTV," ujar Ma'ruf yang didampingi Ketua LPBH NU Jatim.

Sementara itu, Bendahara PWNU Jatim H. Rasyidi lewat keterangan tertulis menceritakan kronologi penganiayaan yang menimpa anaknya. Kejadiannya bermula pada Rabu (14/4/2021) dini hari. Saat itu perkiraan waktu menunjukkan 01:32 WIB berdasarkan rekaman CCTV yang ada.

Kala itu FA bersama temannya sedang bermain sepak bola. Lalu ada sejumlah petugas Linmas dengan motor trail tiba. Infonya, petugas itu akan membubarkan tawuran yang kebetulan terjadi di sekitar tempat anaknya bermain sepak bola. Mereka pun mengejar anak-anak yang diduga sebagai pelaku tawuran, termasuk anaknya.

"Anak saya diringkus dengan sangat keras. Kala itu anak saya diperlakukan layaknya penjahat, bahkan kepalanya dibenturkan ke bagian belakang motor trail yang terbuat dari besi. Akibatnya, wajah anak saya lebam dan terluka cukup serius. Ini sudah di luar batas, kami punya rekaman CCTV-nya," kata Haji Rasyidi. (mdr/ian)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...