Rabu, 04 Agustus 2021 22:44

Pencurian di Lingkungan UTM Marak Lagi, Mahasiswa Demo Minta Polres Bangkalan Bentuk Tim Khusus

Kamis, 29 April 2021 13:54 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fauzi
Pencurian di Lingkungan UTM Marak Lagi, Mahasiswa Demo Minta Polres Bangkalan Bentuk Tim Khusus
Puluhan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) saat menggelar demo di depan Mapolres Bangkalan menuntut polisi mengusut tindakan kriminal di lingkungan kampus, Kamis (29/4/2021).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menggelar demo menuntut Polres Bangkalan meningkatkan patroli khusus di lingkungan kampus, Kamis (29/4/2021).

Aksi yang digelar di depan Mapolres Bangkalan ini menyikapi maraknya lagi tindakan kriminal yang menimpa mahasiswa UTM, khususnya pencurian motor, laptop, handphone, serta barang elektronik lain.

Dalam tuntutannya, mahasiswa meminta Polres Bangkalan secara konsisten melaksanakan patroli di sekitar kampus seperti pada tahun 2019-2020.

BACA JUGA : 

Curi Motor Milik​ Tetangga Kos, Pelajar SMA di Bangkalan Dibekuk Polisi

Hari Bhayangkara ke-75, Polres Bangkalan Berhasil Ungkap 8 Kasus Narkoba

Mahasiswa KKN UTM Bangkalan Berhasil Budi Dayakan Semangka di Desa Kebun

Cegah Penularan, Satlantas Polres Bangkalan Razia Surat Bebas Covid-19 Terhadap Penumpang Bus

"Saat ini kenyamanan dan kemanan mahasiswa UTM mulai terusik lagi. Oleh karena itu, polres perlu memberikan rasa aman dan nyaman, agar mahasiswa UTM fokus untuk belajar. Mengingat, mahasiswa UTM datang dari berbagai polosok nusantara, bukan hanya dari Pulau Madura," ujar Umar, korlap aksi.

Mahasiswa juga meminta Polres Bangkalan mengusut tuntas aksi kriminal di sekitar kampus UTM, dan membentuk tim khusus. "Jika tidak mampu melaksanakan 3 tuntutan tersebut, kami minta Kapolres, Kasatintel, Kasatreskrim, dan Kapolsek Kamal mundur dari jabatannya," tegas Umar dalam orasinya.

Sementara merespons tuntutan mahasiswa, Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto menyatakan bahwa keamanan bukan sepenuhnya menjadi tanggung jawab polisi. "Terkait kemanan bukan pure polisi, tanggung jawab seluruh elemen," kata Didik Hariyanto.

Karena itu, ia mengajak mahasiswa, masyarakat, maupun stakeholder lainnya turut berperan menjaga kemanan lingkungan masing-masing dari tindakan kriminal.

Ia mengklaim, bahwa saat ini unit-unit kemanan di Bangkalan sudah berjalan, termasuk lingkungan telang. Patroli dari Polres Bangkalan dan Polsek Kamal, kata dia, juga berjalan.

"Kami mendukung pembentukan tim khusus terkait peningkatan kriminalitas, hanya saat ini kami masih fokus kepada penganan pilkades," papar kapolres.

Sebagai bentuk keseriusan untuk menindaklanjuti tuntutan mahasiswa, Kapolres AKBP Didik Hariyanto bersedia menandatangani pakta integritas yang disodorkan oleh mahasiswa UTM. Adapun pakta integritas itu berisi 4 tuntutan, yakni:

1. Membentuk khusus tim patroli dari polres

2. Mengusut tuntas kriminalitas yang terjadi di sekitar kampus UTM

3. Mempercepat patroli kemanan area telang dan sekitar UTM

4. Menuntut mundur Kapolsek Kamal, Kasatintel, Kasatreskrim, dan Kapolres, jika dalam waktu satu bulan tidak dapat menyelesaikan tindak kriminalitas di sekitar UTM. (uzi/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...