​Fenomena Nikah Malam Songo, 301 Catin di Tuban Siap Lepas Lajang

​Fenomena Nikah Malam Songo, 301 Catin di Tuban Siap Lepas Lajang Kepala Kemenag Tuban, Sahid saat memberikan bimbingan perkawinan di Kecamatan Semanding, Rabu (5/5/2021).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Fenomena peran malam 29 Ramadan atau Malem Songo masih menjadi tren bagi sebagian masyarakat Kabupaten Tuban. Hal ini terlihat dari banyaknya calon pengantin (catin) yang berencana melangsungkan akad pada malam tersebut.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban, Sahid menjelaskan, Ramadan tahun ini terdapat ratusan pasangan pengantin yang akan mengelar peran pada malem songo.

"Update terakhir terdapat 301 pasang catin yang akan me di malem songo," jelas Sahid usai memberikan bimbingan perkawinan di Kecamatan Semanding, Rabu (5/5/2021).

Menurutnya, sebagian masyarakat Tuban masih mempercayai, malem songo atau malam 29 Ramadan merupakan hari yang baik untuk melangsungkan peran. Istimewanya, saat malam tersebut tidak perlu pakai hitung-hitungan hari, harus menghadap ke mana pengantinnya dan jam berapa waktu akadnya.

"Intinya malem songo itu hari yang bebas tanpa hitungan, pokoknya dianggap baik semua untuk akad ," paparnya.

Dengan banyaknya pasang catin yang melangsungkan peran secara serentak, pihaknya gencar melaksanakan bimbingan perkawinan di sejumlah daerah dengan membagi sebanyak 4 titik setiap harinya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Nikahi Wanita Australia, Warga Sukodono Sidoarjo Diarak Keliling Kampung Naik Delman':