Kamis, 29 Juli 2021 05:34

MUI Jatim Ajak MUI Daerah Seriusi Persoalan Ekonomi

Sabtu, 22 Mei 2021 20:22 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Mustain
MUI Jatim Ajak MUI Daerah Seriusi Persoalan Ekonomi
Pertemuan KPEU MUI Jatim dengan MUI empat kabupaten di Madura, di Pamekasan, Jumat (21/5/2021) malam. foto: istimewa

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur makin serius dalam upaya turut serta menggerakkan roda perekonomian umat di Jawa Timur. Setelah melakukan survei ketahanan pangan di empat kabupaten di wilayah Mataraman menjelang lebaran yang lalu, kali ini ganti menyasar ke pulau Madura.

Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) MUI Jatim bertemu dengan para pengurus MUI empat kabupaten di pulau garam tersebut, di Kantor Bakorwil Pamekasan, pada Jumat (21/5/2021) sore dan malam.

Rombongan KPEU MUI Jatim dipimpin oleh KH. Abdul Hamid Wahid (Gus Hamid) selaku wakil ketua didampingi Ning Fathin Fadhilah Hasib selaku sekretaris. Di Bakorwil, rombongan disambut oleh Kabid Kemasyarakatan Firmansyah. Selain bertemu dengan para pengurus MUI Korwil Madura, juga turut hadir para pegiat Industri Kecil Menengah (IKM) di Pamekasan.

Dalam kesempatan tersebut, MUI Jatim mengajak kepada jajaran MUI daerah untuk menyeriusi persoalan ekonomi umat. Persoalan-pesoalan ekonomi di tengah masyarakat yang biasanya berkisar pada kemasan, standar kesehatan dan kehalalan, serta penjualan produk olahan, harus segera dicarikan solusinya.

BACA JUGA : 

Bantu Produk Tembus Pasar Internasional, Gubernur Khofifah Launching Rumah Kurasi di Kota Kediri

Khofifah Launching Rumah Kurasi di Kediri untuk Peningkatan Kualitas Ekspor Produk UMKM

Hambat Laju Ekonomi, ​Pengusaha Keluhkan Penutupan Akses di Sejumlah Daerah Selama PPKM Darurat

Merger, Gojek dan Tokopedia Wajib Lapor KPPU

“Kita sambut arus ekonomi baru dengan semangat dan penuh harapan,” kata Gus Hamid, dalam rilis yang diterima BANGSAONLINE.com, Sabtu (22/5/2021).

Di akhir penyampaian, Gus Hamid mengajak MUI daerah untuk membentuk komisi pemberdayaan ekonomi umat dan menduplikasi serta bersinergi dengan program KPEU MUI Jatim.

Gus Hamid juga meminta agar MUI daerah segera membentuk badan usaha secara legal. Paling mudah adalah koperasi. Nanti bila diperlukan penanganan lebih besar, koperasi tersebut dapat mendirikan unit usaha berupa PT atau yang lainnya.

Tak hanya mengajak berwacana, KPEU MUI Jatim juga memberikan panduan teknis secara langsung. Tanya jawab dengan MUI daerah dapat dijawab langsung oleh para ahlinya, sebab dalam rombongan MUI Jatim tersebut turut serta Koordinator Bidang Pengembangan Pondok Pesantren OPOP (One Pesantren One Product) yang menjadi program Gubernur Jawa Timur.

Turut juga Ketua Forum IKM (Industri Kecil Menengah) Jawa Timur, Manajer Divisi Syariah Bank Jatim, dan Ketua Puskopssim Jawa Timur dan lainnya. Usai pertemuan, para pengurus MUI daerah dan IKM daerah yang turut hadir tampak bersemangat menyambut ajakan KPEU MUI Jawa Timur tersebut. (sta/ns)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...