Segera Dibangun Kembali, Pemkab Kediri Mulai Preteli ​Sisa Jembatan Mrican

Segera Dibangun Kembali, Pemkab Kediri Mulai Preteli ​Sisa Jembatan Mrican Sisa Jembatan Mrican yang mulai dipreteli dan akan dibangun kembali oleh Pemkab Kediri. (foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sisa Jembatan Mrican yang ambruk empat tahun lalu mulai dipreteli. Besi penyangga misalnya, mulai dicopoti menggunakan las untuk persiapan pembangunan kembali. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, memang berencana untuk membangun kembali Jembatan Mrican yang ambruk usai diterjang luapan Sungai Brantas tersebut.

Jembatan Mrican ini menghubungkan Desa Jabon, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri dengan Desa Jongbiru, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri melalui Pabrik Gula (PG) Mrican.

Rencana dibangunnya kembali jembatan peninggalan Belanda itu sendiri disampaikan langsung Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana usai menggelar kegiatan Jumat Ngopi alias Ngobrol Persoalan dan Solusi Edisi Kupatan di Pendopo Panjalu Jayati, Jumat (21/52021) lalu.

Mas Bup Dhito, sapaan akrab putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung ini mengaku sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Mas Bup Dhito juga sudah menjalin komunikasi dengan Wali Kota Kediri dan provinsi.

"Kami akan masuk ke pembebasan lahan, komunikasi dengan pusat pun sudah kami lakukan. Realisasinya tunggu saya akan ngobrol bersama Pak Wali Kota di sini (pendopo)," kata Mas Bup Dhito.

Seperti diketahui, Jembatan Mrican ambruk diterjang derasnya arus Sungai Brantas yang meluap akibat diguyur hujan deras selama kurang lebih empat jam pada 2017 silam. Jembatan yang dibangun Pemerintah Hindia Belanda tahun 1898 ini memiliki panjang sekitar 150 meter dan leber 3 meter. Jembatan Mrican awalnya memang untuk kepentingan Pabrik Gula Mrican sebagai jalan lori pengangkut tebu yang akan digiling di PG Mrican. (adv/kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO