Ketua PWNU: Jangan Berharap Untung, Thoriq Bantah Beaya Muktamar Rp 15 M

Ketua PWNU: Jangan Berharap Untung, Thoriq Bantah Beaya Muktamar Rp 15 M Foto: beritalima.com

Pelaksanaan Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama membutuhkan banyak biaya, mulai dari mempersiapkan sarana dan prasarana hingga kebutuhan lain. Namun jangan sampai panitia mengharap keuntungan materi dari kegiatan lima tahunan ini.

Peringatan dan juga harapan ini disampaikan Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Hasan Mutawakkil Alallah pada kegiatan soft launching muktamar di Kantor PWNU Jatim, Jalan Raya Al-Akbar Timur Surabaya, Sabtu (28/2).

Dalam pandangan alumnus Universitas Al-Azhar Mesir ini, muktamar kali ini terasa istimewa karena dilaksanakan di tempat dimakamkannya para pendiri NU. Sejak NU berdiri, tidak pernah muktamar digelar di Jombang, kendati berulang-ulang pernah dilaksanakan di Jawa Timur.
"Tujuan dan niatnya juga agar seluruh pengurus dan anggota NU berziarah ke makam para pendiri NU," tandas Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo ini seperti dikutip NU Online, website resmi PBNU.

Dia menjelaskan, tema Islam Nusantara yang diusung pada muktamar sebagai penguatan Islam dan keindonesiaan dalam menghadapi perubahan global, bukan hanya dari segi keislaman, tapi juga politik, budaya, dan ekonomi.
"Makanya muktamar kali ini akan dilirik dan menjadi perhatian dunia," tandas Ketua PWNU Jatim dua periode ini.

Karenanya, Kiai Mutawakkil berharap para panitia dapat menyukseskan Muktamar ke-33 NU, baik pra maupun saat muktamar dilaksanakan. "Saya yakin panitia tidak mengharapkan materi, karena kalau itu yang didahulukan akan kualat. Tapi kalau mengharap berkah, Insya Allah akan diberi rezeki min haitsu laa yahtasib wa yuhtasab," katanya.

Sementara itu, Wagub Jatim, Syaifullah Yusuf menerangkan, rencananya launching terkait tempat muktamar akan dilaksanakan pada 14 Maret 2014 mendatang di Jombang. Gubernur Jatim, Pangdam Brawijaya V, Kapolda Jatim, dan sejumlah forpimda akan diundang pada launching tersebut.
"Kalau pembukaan muktamarnya akan dihadiri oleh Presiden Jokowi dan ditutup oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla," kata Gus Ipul.

Sementara Thoriqul Haq, Sekretaris Panitia Daerah Muktamar NU ke-33, membantah beaya perhelatan akbar warga nahdliyin ini mencapai Rp 15 miliar."Apa yang disampaikan pihak luar bahwa muktamar akan menghabiskan biaya hingga 15 Miliar adalah tuduhan tidak berdasar," tandas Thoriqul Haq seperti dikutip NU Online, Website resmi PBNU. Apalagi, kata alumnus pasca sarjana Universitas Malaya Malaysia ini, mereka (pihak luar) tidak mengetahui secara detail kebutuhan panitia muktamar. Namun Thoriq tak menjelaskan siapa yang dimaksud pihak luar.

Menurut Thoriq, H Saifullah Yusuf selaku Ketua Panitia Daerah dan dirinya sebagai sekretaris tidak terlampau menanggapi tuduhan berbagai kalangan tersebut. "Fokus kami selaku Panda adalah berkoordinasi dengan Panitia Pusat dan Panitia Lokal demi melayani para muktamirin, sehingga kegiatan berjalan khidmad dan sukses," ungkap sekretaris DPW PKB Jawa Timur ini.

Seperti diberitakan berbagai media, semula yang mengungkap beaya Muktamar NU ke-33 mencapai Rp 15 miliar adalah Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Ketua Panitia Daerah Muktamar NU. Informasi itu disampaikan Gus Ipul kepada wartawan usai salat Jumat di kantornya, Jumat, 13 Fabruari 2015.

Dalam kesempatan itu Gus Ipul mengatakan, bahwa Muktamar NU akan mengundang sejumlah musisi, diantaranya Ahmad Dhani dan Slank. “Ini masih kami koordinasikan,” ujar Wakil Gubernur Jawa Timur itu seperti dikutip sejumlah media, diantaranya Tempo.co.id.

Selain mengundang para musisi, jelas Gus Ipul, Muktamar yang digelar tangal 1 sampai 5 Agustus 2015 tersebut juga akan dihadiri beberapa perwakilan negara-negara Islam seperti Uni Emirat Arab, Yaman, Mesir, dan negara-negara Timur Tengah. Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla serta beberapa menteri juga dijadwalkan hadir dalam muktamar tersebut "Perwakilan negara Eropa, Amerika, dan Australia juga akan hadir," ujar Gus Ipul.

Sumber: nu online.or.id

Lihat juga video 'Mobil Dihadang Petugas, Caketum PBNU Kiai As'ad Ali dan Kiai Asep Jalan Kaki ke Pembukaan Muktamar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO