Kamis, 29 Juli 2021 16:24

Diskominfo Sumenep Gelar Fasilitasi Tinjauan Lapangan Implementasi Smart City

Rabu, 02 Juni 2021 20:28 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Alan Sahlan
Diskominfo Sumenep Gelar Fasilitasi Tinjauan Lapangan Implementasi Smart City
Field Evaluation di Kantor Bupati Sumenep, Rabu (2/6/2021). (foto: ist)

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaksanakan fasilitasi tinjauan lapangan implementasi smart city (field evaluation) secara daring tahun 2021.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep Ir. Edy Rasiyadi, pemerintah daerah untuk menuju ke arah kota cerdas atau smart city telah melakukan berbagai kegiatan yang dimulai pada tahun 2019.

Berdasarkan realisasi program kegiatan dengan enam pilar, yaitu smart governance, smart society, smart living, smart economy, smart environment, dan smart branding, dari 30 kegiatan terealisasi 23 kegiatan dengan rata-rata target terpenuhi 77 persen.

"Pada tahun 2020, dari 38 kegiatan terealisasi 32 kegiatan dengan rata-rata target terpenuhi sebanyak 84 persen,” jelasnya saat membuka Field Evaluation di Kantor Bupati Sumenep, Rabu (2/6/2021).

BACA JUGA : 

Tekan Penularan Covid-19 Klaster Keluarga, DPRD Sumenep Minta Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

Soal Vaksinasi Covid-19, Tokoh Masyarakat Pasongsongan: Jangan Percaya Kabar Burung

Kajari Sumenep: Denda Pelanggar PPKM Darurat untuk Kas Negara

Tekan Sebaran Covid-19, Polsek Kangean Kerja Bareng Koramil 0827/18 Sosialisasikan Prokes

Seluruh pimpinan OPD bekerja sama secara tim untuk memenuhi dan mencapai target sesuai ketetapannya, agar pemerintah daerah bisa mewujudkan Kabupaten Sumenep sebagai kota smart city.

"Melalui smart city di antara OPD terjadi sinkronisasi dan sinergi perencanaan, sehingga lebih cepat mendorong proses pengembangan smart city yang efisien dan efektif di Kabupaten Sumenep," harapnya.

Dikatakan, bahwa kota cerdas adalah suatu konsep pengembangan dengan menerapkan dan mengimplementasikan teknologi secara inovatif, efektif, dan efisien dengan cara menghubungkan infrastruktur fisik, ekonomi, dan sosial.

"Smart city ini bukan hanya program dinas komunikasi dan informatika saja, tetapi seluruh OPD di Kabupaten Sumenep, untuk menciptakan solusi cerdas dengan kondisi komponen yang ada di daerahnya sesuai buku masterplan smart city Kabupaten Sumenep 2019-2028," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya menambahkan, pembangunan berbasis kota cerdas menjadi cara baru pembangunan kota di dunia yang layak diadaptasi oleh kota dan kabupaten di Indonesia.

Dinas komunikasi dan informatika telah melakukan berbagai rangkaian kegiatan menuju kota cerdas, di antaranya bimbingan teknis manajemen risiko terhadap 6 dimensi smart city, yakni smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment.

"Selain itu juga dilakukan sosialisasi dan tinjauan lapangan dimensi smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment," terangnya. (aln/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...