Jalan Ditutup, Pembongkaran 36 Stan dan Bangunan di Raya Darmo Indah Dijaga Ketat Petugas

Jalan Ditutup, Pembongkaran 36 Stan dan Bangunan di Raya Darmo Indah Dijaga Ketat Petugas Sebanyak 36 stan dan bangunan di sepanjang Jalan Raya Darmo Indah mulai dibongkar dan diratakan dengan tanah oleh pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 36 stan dan bangunan di sepanjang Jalan Raya Darmo Indah mulai dibongkar dan diratakan dengan tanah oleh pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggunakan sejumlah alat berat. Jalur tersebut ditutup total dengan penjagaan ketat dari aparat gabungan kepolisian dan Satpol PP.

Uniknya, dari sekian stan dan bangunan yang sudah diratakan, ada empat bangunan dengan dua pemilik dibiarkan tidak dibongkar, sedangkan stan dan bangunan lainnya sudah dibongkar menggunakan ekskavator dan bego.

"Karena mereka memiliki surat perizinan bangunan, jadi nanti di-appraisal dahulu. Lah kalau dibongkar mereka menentukan nilainya dari mana," ujar Djatmiko Oetomo, Lurah , Selasa (15/6/2021).

Sementara itu, menurut salah satu pemilik stan dan bangunan yang belum dibongkar, dirinya membenarkan hal tersebut lantaran masih menunggu bentuk putusan appraisal dari pihak kecamatan.

"Kami tidak menghalangi pembongkaran, ya di-appraisal dahulu lah, karena saya mengantongi surat izin pembangunannya. Silakan nanti dibongkar setelah jelas dan pasti appraisal-nya," ujarnya sambil mewanti-wanti untuk tak menyebut namanya.

Sekadar diketahui, 36 stan dan bangunan itu sebagian juga ditempati penghuninya dan sebagian stan berupa toko kelontong, mebel, warung kopi, makanan dan minuman (mamin), serta bengkel las.

Pembongkaran itu sendiri sudah melalui proses yang panjang dan dialog, namun tidak pernah ada kata mufakat. Pembongkaran seharusnya dilakukan sehabis Idulfitri namun diundur dan bisa terealisasi di awal Juni ini. (nf/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO