Safari KB, DP3AP2KB Kota Kediri Gelar Pelayanan IUD dan Implan Gratis, Targetkan 400 Akseptor

Safari KB, DP3AP2KB Kota Kediri Gelar Pelayanan IUD dan Implan Gratis, Targetkan 400 Akseptor Petugas Puskesmas Pesantren 2, saat akan memanggil calon akseptor KB IUD dan Implan. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sejumlah ibu tampak mengantre di depan Poli KIA-KB Puskesmas Pesantren 2 Kota Kediri, Kamis (17/06) pagi. Mereka terdaftar sebagai akseptor (penerima) KB IUD dan Implan dari Program Safari KB “Sejuta Akseptor KB”.

Program tahunan DP3AP2KB ini diselenggarakan untuk memberikan pelayanan alat kontrasepsi masyarakat sekaligus menyambut Hari Keluarga Nasional 2021 pada tanggal 20 Juni 2021. Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Kediri, akan ada kuota 400 calon akseptor KB IUD dan Implan yang dapat diterima di 9 Puskesmas di Kota Kediri.

“Untuk kecamatan Mojoroto 133 calon akseptor, serta 134 akseptor untuk Kecamatan Pesantren dan Kota,” kata Yudi Erwanto, Kabid Keluarga Berencana DP3AP2KB Kota Kediri.

Lilis Susiani, 45, warga Kelurahan Burengan, dan 3 akseptor lainnya mendaftar melalui Kader KB di lingkungan rumah. “Menurut saya KB Implan lebih aman, karena sebelumnya pakai KB pil kurang cocok,” kata Lilis. Alasan lainnya, ia ingin memberi jarak kehamilan untuk tumbuh kembang anak lebih maksimal.

Sampai tanggal 22 Juni 2021, warga Kota Kediri dapat mendaftar melalui kader KB kelurahan dengan membawa KTP dan BPJS atau KIS jika punya.

Simak berita selengkapnya ...