Antisipasi Mobilitas Pesilat di ​Malam Satu Suro, Perbatasan Kabupaten Madiun Dijaga Ketat

Antisipasi Mobilitas Pesilat di ​Malam Satu Suro, Perbatasan Kabupaten Madiun Dijaga Ketat Operasi penyekatan di perbatasan Kabupaten Madiun. foto: ZAINAL ABIDIN/ BANGSAONLINE

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Menjelang pergantian atau sering dikenal dengan bulan Suro, yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2021, akses menuju Kabupaten dijaga ketat.

Petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kabupaten menggelar operasi penyekatan di perbatasan. Tiap kendaraan roda dua dan maupun roda empat yang memasuki wilayah Kabupaten diperiksa oleh petugas.

"Untuk malam ini kita dari petugas gabungan mengantisipasi kegiatan kearifan lokal acara tahunan perguruan silat," jelas AKP Ari Bayu Aji, Kasatlantas Polres saat ditemui BANGSAONLINE.com.

Adapun penyekatan itu dilakukan di perbatasan Nganjuk-, tepatnya di Desa Nampu Kecamatan Saradan, dan di Desa Mlilir yang merupakan perbatasan -Ponorogo.

Sebelumnya, dalam rakor antara forkopimda dengan para pengurus perguruan pencak silat telah disepakati untuk tidak menggelar kegiatan apapun di Bulan Suro tahun ini. Sebab, kali ini masih dalam keadaan pandemi, terlebih pemerintah meemberlakuan PPKM Level 4.

"Pos penyekatan ini sebenarnya sudah ada semenjak PPKM Darurat dan saat ini PPKM Level 4 juga masih berlangsung. Sehingga dengan adanya kesepakatan bersama dengan perguruan pencak silat kita antisipasi mobilitas pesilat dari luar ," terangnya.

AKP Ari menambahkan, bahwa penyekatan nantinya juga akan melibatkan perwakilan dari perguruan pencak silat untuk mengantisipasi mobilitas pesilat dari luar kota. Antara lain personel dari salah satu perguruan pencak silat Panter.

"Untuk selanjutnya selain petugas gabungan yang ada kita akan melibatkan seperti Panter," pungkasnya.(nal/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Melanggar PPKM Darurat, Warung/Resto di Kota Madiun Bisa Ditutup Selama 3 Hari':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO