Pertajam Jiwa Entrepreneur Sekolah, Diskouperindag Kota Mojokerto Gelar Inkubasi Wirausaha bagi Guru

Pertajam Jiwa Entrepreneur Sekolah, Diskouperindag Kota Mojokerto Gelar Inkubasi Wirausaha bagi Guru Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat melihat produk olahan jamu anti virus bikinan Siswa SMPN 3 Kota Mojokerto.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Program Inkubasi Wirausaha Kota Mojokerto mulai menyasar sekolah. Puluhan guru prakarya tingkat SMP Negeri se-Kota Mojokerto digembleng secara serius untuk mengikuti program yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskouperindag) Kota Mojokerto.

Wali Kota Mojokerto mengatakan, tahun ini ada sekitar 29 guru SMPN di Kota Mojokerto yang mengikuti program pembuatan jajanan tradisional berbahan beras dan jajanan tradisional berbahan non beras.

"Tak hanya itu, mereka juga kita ikutkan inkubasi pembuatan jamu tradisional. Sebab, sejumlah sekolah SMPN di Kota Mojokerto sudah bisa memanfaatkan lahan sekolahnya untuk ditanami tanaman obat keluarga (toga) dan sayur-sayuran hidroponik serta organik," ujar , sapaan saat mengunjungi SMPN 3 Kota Mojokerto, Selasa (28/9) siang.

Ia mencontohkan, SMPN 3 misalnya, sekolah yang pernah meraih juara nasional sekolah adiwiyata ini sukses membudidayakan tanaman hidroponik sawi dan kangkung serta tanaman herbal berupa jahe merah, serai, serta lengkuas.

"Dari tanaman tersebut, mereka sudah mampu mengolahnya secara mandiri dengan melibatkan para siswa untuk menjadi jamu anti virus yang sangat laku diperjual belikan di pasaran," ujarnya bangga.

sangat mengapresiasi sekolah yang sejak dini sudah menanamkan jiwa wirausaha kepada peserta didiknya. Karena kemampuan ini sangatlah dibutuhkan sebagai bekal mereka saat lulus sekolah nanti.

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO