Dukung Pembangunan Menara 17 PWNU, PDIP Jatim Sumbang Rp 500 Juta

Dukung Pembangunan Menara 17 PWNU, PDIP Jatim Sumbang Rp 500 Juta Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, menerima lukisan Menara 17 PWNU Jatim yang ia menangkan dalam lelang untuk mendukung pembangunan Menara 17. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Rencana pembangunan Menara 17 PWNU Jatim mendapat dukungan banyak pihak. Salah satunya dari DPD PDI Perjuangan Jatim dengan cara membeli lukisan Menara 17 senilai Rp 500 juta melalui lelang untuk penggalangan dana beberapa waktu lalu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi membenarkan jika sumbangan itu bukan atas nama pribadi, melainkan atas nama DPD PDI Perjuangan Jatim. Alasannya, NU sebagai rumah besar umat Islam di Indonesia telah memanggil dan membutuhkan bantuan untuk pembangunan NU Center, salah satunya berupa bangunan Menara 17 PWNU Jatim.

"Konstituen PDI Perjuangan itu beragam, termasuk yang beragama Islam, kebetulan di Jatim mayoritasnya warga NU. Jadi saya kira wajar jika PDI Perjuangan Jatim turut membantu PWNU Jatim," kata Kusnadi saat ditemui di Kantor DPRD Jatim, Senin (4/10/2021).

Menurut pria yang juga menjabat Ketua DPRD Jatim itu, sudah selayaknya PWNU Jatim memiliki gedung NU center yang multifungsi sehingga jika ada kegiatan berskala besar warga NU tidak perlu lagi menyewa karena bisa memanfaatkan gedung tersebut nantinya.

Pertimbangan lainnya, politikus asal Sidoarjo ini mengaku dirinya sudah menjadi bagian dari warga nahdliyin lantaran sejak turun-temurun keluarganya juga NU kultural. Bahkan, anak dan cucu Kusnadi juga banyak yang belajar di pondok pesantren maupun perguruan tinggi di bawah naungan NU.

"Sekali lagi itu bukan sumbangan pribadi tapi atas nama DPD PDIP Jatim. Kebetulan saja saya yang mendapat amanah memimpin PDIP Jatim juga warga NU, sehingga ketika NU membutuhkan tentu saya akan membantu," ujar Kusnadi diplomatis.

Ia mengaku sering dilibatkan NU Jatim untuk membicarakan bagaimana warga NU bisa menjadi maju. Termasuk soal pembangunan NU Center. "Lahannya itu sumbangan dari Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani di daerah Driyorejo seluas 3 hektare. Sedangkan untuk bangunan ya seperti tradisi di PDIP melalui gotong royong seluruh warga NU," terang Kusnadi.

Dalam proses lelang kemarin itu, lanjut Kusnadi, bukan hanya PDIP yang hadir tapi juga sejumlah ketua parpol lain di Jatim. Di antaranya, Abdul Halim Iskandar (Ketua DPW PKB Jatim), Emil Elestianto Dardak (Plt ketua DPD Partai Demokrat Jatim), dan Munjidah Wahab (Ketua DPW PPP Jatim).

Simak berita selengkapnya ...