Indosat, UNDP, dan Kementerian Koperasi UKM Lakukan Survei Kinerja di Masa Pandemi bagi UMKM

Indosat, UNDP, dan Kementerian Koperasi UKM Lakukan Survei Kinerja di Masa Pandemi bagi UMKM Peluncuran hasil survei dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor UMKM di Indonesia.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sekitar 3.000 berpartisipasi dalam survei terkait pandemi dan praktik usaha ramah lingkungan yang diluncurkan United Nations Development Programme (UNDP), Indonesia, serta Ooredoo.

Survei berisi 58 pertanyaan tentang dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor . Pertanyaan difokuskan pada permintaan terhadap produk, serta keuntungan selama awal pandemi 2020 dibandingkan selama PPKM darurat pada Juli-Agustus 2021. Pertanyaan juga berfokus pada potensi usaha ramah lingkungan dan digitalisasi di Indonesia.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Teten Masduki, meminta mengadopsi praktik usaha ramah lingkungan serta berkelanjutan. Menurutnya, upaya mencari keuntungan yang merusak lingkungan harus ditinggalkan.

"Kegiatan ekonomi termasuk produksi, konsumsi, dan distribusi harus memprioritaskan kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pembangunan manusia dalam jangka panjang. Banyak pengusaha muda telah meluncurkan usaha yang menghasilkan barang-barang ramah lingkungan, kita harus dukung usaha ramah lingkungan ini," ungkapnya.

Sementara Kepala Perwakilan UNDP Indonesia, Norimasa Shimomura meminta para pemangku kepentingan bekerja sama untuk meningkatkan sektor seiring dengan pertumbuhan ekonomi negara yang lebih baik. Utamanya melalui digitalisasi.

"Sebagian besar pelaku usaha berpengaruh di sektor sangat menginginkan adanya perubahan. Studi ini juga mengungkapkan manfaat langsung dari digitalisasi. yang bergabung dengan platform daring untuk memasarkan produk mereka selama pandemi Covid-19 mencatat permintaan lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang usahanya dijalankan sepenuhnya secara luring," ujarnya.

Berdasarkan survei juga, 45,2 persen masih beroperasi normal, 30.9 persen masih beroperasi sebagian, bahkan tidak ada yang berniat untuk menutup usaha secara permanen di tengah PPKM Darurat. Survei tersebut juga menemukan, beberapa mengalami kerugian lebih dari 50 persen.

Survei tersebut merupakan studi kedua berturut-turut yang dilakukan terhadap dampak pandemi terhadap . Sebuah studi tahun 2020 tentang dampak bulan-bulan awal pandemi mengungkapkan hasil serupa dengan mayoritas melaporkan bahwa mereka mengalami dampak parah pada permintaan dan faktor lainnya. 

Senada, Director & Chief Operating Officer Ooredoo, Vikram Sinha juga menekankan pentingnya percepatan transformasi digital di Indonesia.

“Kemitraan ini membantu kami memahami manfaat digitalisasi bagi masyarakat. Kami harap dapat digunakan para pembuat kebijakan untuk memanfaatkan peluang dalam digitalisasi dan praktik usaha ramah lingkungan,” katanya. (diy/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO