Wujudkan Birokrasi Bersih dan Pelayanan Prima, Pemkab Sidoarjo Beri Penghargaan Kinerja OPD

Wujudkan Birokrasi Bersih dan Pelayanan Prima, Pemkab Sidoarjo Beri Penghargaan Kinerja OPD PERINGKAT PERTAMA: Wabup Subandi menyerahkan penghargaan kinerja ke Kepala BPPD Ari Suryono, Selasa (9/11/2021). foto: Kominfo Sidoarjo

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - melakukan penilaian terhadap seluruh kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hasil penilaian diwujudkan dalam bentuk penghargaan kinerja unit penyelenggara pelayanan publik.

Penghargaan itu diserahkan Wabup Subandi yang mewakili Bupati Ahmad Muhdlor, di Pendapa Delta Wibawa, Selasa (9/11/2021).

Dalam acara itu, juga diserahkan penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), penghargaan Reformasi Birokrasi serta penandatanganan perjanjian kinerja (perubahan).

Acara intu dihadiri Koordinator Perencanaan Kinerja dan Anggaran Sekretariat Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan KemenPAN RB, Agusdin Muttakin.

Dalam kesempatan tersebut, terdapat 15 OPD yang meraih top 1, 2, dan 3 penghargaan kinerja unit penyelenggara pelayanan publik dan 5 OPD nilai A hasil evalusi SAKIP yang kali ini menerima penghargaan SAKIP. Selain itu, juga terdapat 5 OPD yang berhasil meraih penghargaan Evaluasi RB tahun ini dari .

Ada lima kategori penghargaan kinerja unit penyelenggara pelayanan publik. Yakni kategori khusus/role model, dinas/badan, kecamatan, kelurahan, dan puskesmas.

Untuk kategori khusus/role model, peringkat pertama diraih RSUD. Peringkat pertama kategori dinas/badan diraih Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD). Sedangkan peringkat pertama kategori kecamatan diraih Kecamatan Taman.

Sedangkan peringkat pertama kategori kelurahan, diraih Kelurahan Sepanjang. Sementara Puskesmas Jabon meraih peringkat pertama kategori puskesmas.

Menurut Wabup Subandi, kegiatan seperti itu merupakan upaya mewujudkan birokrasi bersih dan akuntabel, kapabel serta pelayanan publik secara prima. Semua hal itu, kata Subandi, merupakan kunci terwujudnya sasaran Reformasi Birokrasi itu sendiri.

Dikatakan Subandi, kesuksesan reformasi birokrasi merupakan tanggung jawab segenap elemen pemerintahan dan harus disadari serta dibangun bersama oleh seluruh perangkat daerah tanpa terkecuali.

"Telah banyak program-program perbaikan birokrasi yang telah digulirkan yang secara nyata telah menghasilkan perubahan dan perbaikan bagi birokrasi," beber mantan Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo ini.

Ditegaskan Subandi, penilaian perangkat daerah bukan hanya sekadar nilai. Namun sebagai bentuk nyata dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Sidoarjo. Dia meminta perangkat daerah untuk mempertanggungjawabkan manfaat atau hasil atas setiap rupiah anggaran yang digunakan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO