Warga Sekitar TPA Wonokerto Keluhkan Bau Busuk, ini Janji DLH Pasuruan

Warga Sekitar TPA Wonokerto Keluhkan Bau Busuk, ini Janji DLH Pasuruan Sejumlah warga yang tinggal di sekitar lokasi TPA Wonokerto, saat mendatangi kantor DLH Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Warga yang tinggal di sekitar lokasi , Kecamatan Sukorejo, Kabupaten , diresahkan bau busuk sampah. Mereka menghirup bau busuk itu sejak sebulan terakhir, atau pasca difungsikannya TPA sebagai penampungan sampah.

Terkait hal ini, Gus Mashudi, salah satu tokoh masyarakat setempat mendesak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten tidak tinggal diam, karena bau busuk tersebut bisa menyebabkan sesak napas.

Desakan itu disampaikan Gus Mashudi saat mendatangi kantor DLH Kabupaten di Kompleks Perkantoran Raci, Kamis (11/11).

Menurutnya, warga yang tinggal di sekitar sangat tersiksa dengan bau busuk sampah yang tercium begitu lekat. Baik siang ataupun malam.

"Benar-benar busuk baunya, kadang mau muntah. Dulu saat sosialisasi, pihak DLH menjamin tidak ada bau busuk yang tercipta, kenyataannya kok tidak sama," cetus Mashudi.

Tak hanya itu saja, sampah dari juga memicu banyaknya lalat hijau. Warga khawatir, serbuan lalat itu bisa memicu berbagai penyakit. Karena itulah, ia berharap ada solusi dari DLH atas keluhan warga.

"Kami datang ke sini untuk meminta pertanggungan jawab DLH. Kalau sampai masih bau, kami akan bersikap. Akan kami kepung kantor DLH," tandasnya saat dikonfirmasi usai mediasi dengan DLH.

Sementara Kepala Bidang Persampahan DLH Kabupaten , Syahnur Indra, berjanji akan menindaklanjuti keluhan warga. Pihaknya akan melakukan evaluasi dan optimalisasi penanganan sampah di .

Syahnur menjelaskan, sampah rumah tangga yang masuk ke memang belum melalui pemilahan oleh warga. Sehingga, berbagai jenis sampah masuk ke dalamnya. Termasuk sampah plastik yang sulit untuk diurai.

"Beberapa langkah akan dilakukan, salah satunya dengan menutup timbunan sampah dengan terpal setiap harinya. Juga akan melakukan penimbunan sampah dengan sirtu setiap pekannya. Termasuk dengan pembasmian larva lalat," jelasnya. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO