Kembali Meluap, Pengerukan Anak Kali Lamong di Benjeng Gresik Dihentikan Sementara

Kembali Meluap, Pengerukan Anak Kali Lamong di Benjeng Gresik Dihentikan Sementara Air luapan Kali Lamong membanjiri Desa Sedapurklagen, Kecamatan Benjeng. foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSONLINE.com - Akibat Kali Lamong kembali meluap hingga membanjiri sejumlah desa di Kecamatan Balongpangang dan Benjeng, Kabupaten , pengerukan anak Kali Lamong yang dilakukan secara kontraktual dihentikan sementara.

Sementara, pengerukan di wilayah Kecamatan Cerme tetap dilanjutkan karena titik sungai di wilayah tersebut tidak sampai meluap.

Hal itu diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) , Endoong Wahyukuncoro saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Senin (15/11/2021).

Meski pengerukan berhenti sementara sambil menunggu debit air anak Kali Lamong turun, namun para pekerja tetap beraktivitas.

"Pekerja dengan alat berat tetap standby membersihkan sampah yang terbawa arus agar tak menyebabkan sumbatan," tuturnya.

Menurut dia, banyak sampah yang dibuang warga di Kali Lamong saat air meluap. Seperti kasur bekas, lemari, kursi, dan perabot rumah tangga lain yang tak terpakai sehingga terbawa arus.

"Sampah-sampah itu yang kerap menghambat arus air sehingga mengakibatkan penyumbatan. Makanya dibersihkan," terang Endoong.

Lebih jauh Endoong menyatakan bahwa pengerukan anak Kali Lamong yang dikerjakan kontraktual sejak bulan Oktober sepanjang 4,2 km.

Simak berita selengkapnya ...