Mesir Jalin Kerja Sama di Bidang Pendidikan dengan Pondok Pesantren Sukorejo Situbondo

Mesir Jalin Kerja Sama di Bidang Pendidikan dengan Pondok Pesantren Sukorejo Situbondo Duta Besar Mesir, Ashraf Sulton, disambut KH R Ahmad Azaim Ibrahimy saat berkunjung ke Pondok Pesantren Sukorejo, Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Duta Besar (Dubes) Mesir untuk Indonesia, , berkunjung ke Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo, , untuk penandatanganan bilateral di bidang pendidikan, yaitu melakukan kerja sama pengiriman mahasiswa ke Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

“Beliau () berkunjung ke pesantren-pesantren Nahdlatul Ulama (NU) untuk mewakili Negaranya membahas hubungan bilateral di bidang pendidikan untuk beasiswa ke Universitas Al-Azhar,” kata pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo, , Jumat (19/11).

Selain kerja sama beasiswa, lanjut Kiai Azaim, ada beberapa program seminar internasional yang juga akan digelar di pondok pesantren dan berbagai poin kerja sama telah diteken bersama antara pengasuh dan dubes. Ia memaparkan, kolaborasi sudah dilakukan sejak 2019 silam bersama mantan Rektor Universitas Al-Azhar, Ibrahim Sholah Sayyid Sulaiman Al Hud Hud.

“Untuk berapa jumlah beasiswa yang akan diberikan ke Ponpes Sukorejo kami belum tahu. Dua tahun lalu sebenarnya ada dosen dari Universitas Al-Azhar akan dikirim ke Ponpes Sukorejo untuk mengajar, namun dibatalkan karena pandemi,” tuturnya.

Menurut dia, hubungan diplomasi Indonesia dan Mesir sangat baik selama ini. Bahkan, kata Kiai Azaim, Mesir merupakan salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia kala itu.

Simak berita selengkapnya ...