10 Menit Genangan Surut, Pemkot Kediri Terus Normalisasi Aliran Air

10 Menit Genangan Surut, Pemkot Kediri Terus Normalisasi Aliran Air Petugas saat membersihkan sampah yang menyumbat aliran. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri terus mengupayakan penyelesaian masalah genangan sebagai langkah antisipasi bencana hidrometerologi yang mengancam Kota Kediri dan daerah lainnya.

Salah satunya dengan normalisasi inlet, pengedukan, dan pembersihan sungai yang tetap rutin dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kediri.

Kini interval waktu surut genangan di Kota Kediri lebih cepat daripada saat musim penghujan sebelumnya.

Kepala Dinas PUPR Endang Kartika, mengakui genangan memang masih tetap ada, namun kini 10-15 menit sudah surut. Dibanding sebelumnya mencapai 20 menit untuk sampai surut. Tentunya dengan persiapan hasilnya akan lebih baik.

Menurut Endang Kartika, sejauh ini, ada 4 sungai yang telah dilakukan pengedukan dan pembersihan sedimen dengan kondisi lebar sungai menyempit. Sungai-sungai tersebut yang nantinya mengalirkan air menuju Sungai Brantas.

“Sejak bulan lalu kami telah melakukan pengerukan untuk menormalkan kembali lebar sungai. Seperti Sungai Kresek dan Kalitawang Kaliombo,” ujar Endang, Sabtu (20/11).

Simak berita selengkapnya ...