Akibat Tanah Longsor, Jalur Trenggalek-Ponorogo Putus

Akibat Tanah Longsor, Jalur Trenggalek-Ponorogo Putus Alat berat sedang melakukan pembersihan terhadap tanah yang menutupi badan jalan. (Herman/BangsaOnline.com)

TRENGGALEK (BangsaOnline) - Jalur transportasi Trenggalek – Ponorogo diperkirakan lumpuh total dalam seminggu ke depan. Pasalnya semalam (24/3) terjadi tanah sejauh kurang lebih satu kilometer di ruas jalan milik PU Bina Marga provinsi Jawa Timur.

Peristiwa tanah ini terjadi tepatnya di desa Nglinggis Dukuh Pring Ombo kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Menurut Sujito warga desa Nglinggis, kejadian tanah terjadi sekitar pukul sembilan malam. "Sebelum , terjadi hujan deras hingga satu jam setengah," terangnya di lokasi kejadian (25/3).

Sementara menurut kepala bidang kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Trenggalek Kustiyoso yang saat itu berada di lokasi kejadian menuturkan bahwa terdapat tujuh titik tanah , masing-masing titik memiliki ketebalan tanah hingga 4 meter. Sementara panjang an tanah di tiap titik di perkirakan 10 meter. "Jika di buat rata-rata maka panjang an tanah ini mencapai kurang lebih satu kilometer,” kata Kustiyoso.

Menurut Kustityoso pihak BPBD Trenggalek menerima informasi tanah ini sekitar pukul sembilan malam, selanjutnya pihaknya langsung menerjunkan beberapa petugas untuk langsung menuju ke lokasi tanah .

Hingga saat ini, pembersihan terhadap tanah yang menutupi badan jalan telah dilakukan sejak malam hari hingga siang sore hari tadi dengan menggunakan alat berat. Diperkirakan oleh kustiyoso, dalam seminggu ke depan jalur transportasi Trenggalek-Ponorogobelum bisa dilalui.

Akibat putusnya jalur perekonomian Trenggalek – Ponorogo tersebut, selain berdampak pada pelaku ekonomi, proses belajar mengajar bagi para siswa juga menjadi sedikit terhambat lantaran mereka di haruskan berputar menempuh jarak kurang lebih lima kilometer menuju sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Longsornya Gunung Batu Alam Cirebon':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO