Manfaatkan Pemasaran Digital, Dekranasda Sidoarjo Optimis Kerajinan IKM Tembus Pasar Global

Manfaatkan Pemasaran Digital, Dekranasda Sidoarjo Optimis Kerajinan IKM Tembus Pasar Global Ketua Dekranasda Sidoarjo, Sa’adah Ahmad Muhdlor, saat membuka Pelatihan Ekspor IKM Kerajinan. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sidoarjo yakin bahwa produk kerajinan Industri Kecil Menengah (IKM) di wilayahnya bisa menembus pasar global dengan dukungan pemasaran digital. Ketua Dekranasda Sidoarjo, Sa’adah Ahmad Muhdlor, mengungkapkan hal itu saat Pelatihan Ekspor IKM Kerajinan Sidoarjo.

“Pemasaran secara digital akan menjangkau ke seluruh belahan dunia. Kerajinan saat ini sudah saatnya dilatih agar produk-produknya bisa go internasional," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Selasa (30/11).

Sa’adah menyambut baik kegiatan ini. Menurut dia, agenda tersebut dapat memberi gambaran seperti apa produk yang diminati dan melihat potensi pembeli luar negeri terhadap produk IKM Sidoarjo yang terbilang sangat tinggi.

"Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan. Saya percaya, setiap karya yang ada di sini memiliki potensi buyer. Melalui kegiatan ini saya yakin pelaku IKM tahu selera pasar di luar negeri seperti apa," imbuh Ning Sasha, panggilan akrab Ketua Dekranasda Sidoarjo.

Ia memaparkan, program digitalisasi IKM kerajinan yang menjadi binaannya bakal dilakukan. Ning Sasha yakin, produk kerajinan dari IKM Sidoarjo mampu menembus pasar mancanegara karena produk kerajinan IKM Sidoarjo sangat luar biasa.

"Tapi, kontrol produk akan tetap dilakukan demi menjaga kualitas produk itu sendiri. Kami optimis kualitas produk kerajinan IKM Sidoarjo luar biasa sekali. Mudah-mudahan kita bisa go digital, go global, sehingga produk Sidoarjo tidak hanya terkenal secara nasional tetapi juga internasional," paparnya.

Ning Sasha juga meminta pelaku IKM kerajinan untuk tidak berhenti berinovasi menghasilkan suatu produk. Menurut dia, pengembangan produk perlu dilakukan lantaran potensi pasar negeri terbuka luas dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dapat kembali memfasilitasi pemasaran produk lewat kegiatan seperti ini.

"Tetap berkarya berinovasi jangan takut gagal karena sejatinya seni itu pasarnya luas. Setiap orang memiliki gaya seninya sendiri, setiap orang memiliki selera atau karya seperti apa yang diminati," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...