Air Laut Pasang, Banjir Rob Rendam Ratusan Rumah di Desa Banyuwangi Gresik

Air Laut Pasang, Banjir Rob Rendam Ratusan Rumah di Desa Banyuwangi Gresik Warga Desa Banyuwangi keluar rumah saat banjir rob merendam wilayah tersebut. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pasang air laut menyebabkan banjir rob di Dusun Banyutami, Desa Banyuwangi, Kecamatan Manyar, Gresik, Selasa (5/1) dini hari. Alhasil, air merendam jalan, sekitar 500 rumah KK, sarana ibadah, dan fasilitas umum di desa yang tak jauh dari pesisir wilayah utara ini.

"Iya, semalam (banjir). Dini hiri, terjadi rob karena air laut pasang. Kejadian semalam terbesar dibanding bulan-bulan sebelumnya," kata Anggota Fraksi Nasdem DPRD Gresik, Mahmud, yang bertempat tinggal di Desa Banyuwangi saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Rabu (5/1).

Ia memaparkan, banjir rob kerap melanda Desa Banyuwangi setiap bulan. Menurut dia, air masuk dari Sungai Bengawan Solo yang menghubungkan ke laut lepas lantararan air pasang, sehingga debit air sungai lebih tinggi dari tanggul.

"Jarak desa kami dengan Sungai Bengawan Solo sekitar 500 meter, sementara jarak desa kami dengan laut sekitar 7 km. Kalau air laut pasang, pasti tanggul Bengawan Solo tak mampu menampung debit air yang naik. Akibatnya, air amber masuk ke desa kami. Kondisi ini terjadi setiap bulan dan sudah berlangsung bertahun-tahun," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...