Pemkab Gresik Gelar Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2023

Pemkab Gresik Gelar Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2023 Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, didampingi wakilnya bersama sekda dan kepala bappeda saat Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2023. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023. Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, hadir sekaligus membuka agenda yang diinisiasi Bappeda Gresik. Kegiatan itu merupakan rangkaian tahapan pelaksanaan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan sebelum perumusan rancangan akhir RKPD.

Bupati menyampaikan, inti dari perencanaan adalah terpadu dan berkelanjutan. Terpadu artinya ada korelasi perencanaan pembangunan antara pusat, provinsi, dan kabupaten yang mengarah pada pencapaian tujuan pembangunan nasional. Sedangkan berkelanjutan artinya sebagai proses pembangunan yang berkesinambungan dalam kurun waktu tertentu, yang saling terangkai dan tidak terputus pada koridor perencenaaan jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

"Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD tahun 2023 ini merupakan momen yang sangat strategis bagi kita untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis pada tahun 2023, seperti pengentasan kemiskinan ekstrim, pengendalian banjir Kali Lamong yang terus kita upayakan, dan pembangunan infrastruktur," ujarnya di Ruang Mandala Bhakti Praja lantai IV, Kantor Bupati Gresik, Selasa (11/1).

Sementara itu, Kepala Bappeda Pemprov Jatim Muhammad Yasin, Muhammad Yasin, menyambut baik diadakannya kegiatan tersebut. Menurut dia, proses penyusunan ranwal ini menjadi komprehensif karena sudah mendapat masukan dari berbagai pihak dengan diadakannya ranwal yang langsung dikonsultasikan dengan publik, dan Gresik merupakan kabupaten pertama yang sudah melaksanakan konsultasi publik untuk Ranwal RKPD tahun 2023.

Simak berita selengkapnya ...