Dua Pekan Ops Keselamatan Semeru 2022, Satlantas Polres Jombang Tertibkan Ribuan Pelanggar

Dua Pekan Ops Keselamatan Semeru 2022, Satlantas Polres Jombang Tertibkan Ribuan Pelanggar Kasatlantas Polres Jombang AKP Rudi Purwanto saat memimpin rilis pers hasil Ops Keselamatan Semeru 2020. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - yang dilaksanakan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres , berakhir.

Dalam operasi selama dua pekan, 1-14 Maret 2022, polisi berhasil melakukan penertiban pada 1.706 pelanggar lalu lintas. Hal itu dilakukan untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya.

"Operasi ini kita lakukan dengan mengedepankan pencegahan atau preventif. Yaitu, ini benar-benar zero penindakan," ujar Kasatlantas Polres , AKP Rudi Purwanto saat rilis pers, Selasa (15/3/22) kemarin.

Dikatakan Rudi, selama dilakukan operasi ini, pihaknya gencar melakukan penertiban pada pengguna jalan dengan cara memberikan teguran.

"Intinya dalam operasi ini kami lebih banyak memberi imbauan dan teguran kepada pengguna jalan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Sedangkan angka teguran sendiri meningkat tajam sekitar 160 persen," jelasnya.

Menurut Rudi, pelanggaran lalu lintas merupakan salah satu pemicu kecelakaan di jalan raya. Selama dua pekan ini, ada sebanyak 48 kali kecelakaan dengan 4 korban meninggal dunia dan puluhan korban luka ringan hingga serius.

"Kecelakaan ini disebabkan beberapa faktor, yang utama yaitu cuaca. Saat ini cuacanya sering hujan dan jalan yang sebagian bagus, kurang bagus, dan ada yang tidak bagus. Itu yang sering membuat kecelakaan lalu lintas," bebernya.

Selain operasi keselamatan semeru, Satlantas Polres juga menempatkan mobil incar electronic traffic law enforcement (ETLE) di tempat rawan kecelakaan.

"Kami juga gencar melakukan sosialisasi lewat radio dan imbauan menggunakan pamflet. Semoga angka kecelakaan menurun," pungkas Rudi. (aan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO