Resmikan 5 Kampung Restorative Justice, Gus Ipul: Pemkot Wujudkan Keadilan Hukum Bagi Masyarakat

Resmikan 5 Kampung Restorative Justice, Gus Ipul: Pemkot Wujudkan Keadilan Hukum Bagi Masyarakat FOTO BERSAMA: Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf bersama jajaran Kejaksaan Negeri Kota Pasuruan dan lima kelurahan yang terapkan restorative justice.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Saifullah Yusuf () menyambut baik launching di wilayah . Menurut , merupakan upaya untuk mengajak masyarakat menyelesaikan masalah hukum dengan musyawarah.

Hal tersebut disampaikan dalam peresmian di lima kelurahan di pada Senin (11/04/2022) malam bertempat di Pendopo Kelurahan Pekuncen.

Kelima kelurahan yang ditetapkan oleh bersama dengan Kepala Kejaksaan Negeri , Maryadi Idham Khalid, adalah Kelurahan Pohjentrek, Kelurahan Wirogunan, Kelurahan Tembokrejo yang masuk dalam wilayah Kecamatan Purworejo.

Dua kelurahan berikutnya adalah Kelurahan Trajeng dan Kelurahan Mandaranrejo yang merupakan wilayah Kecamatan Panggungrejo. Kegiatan itu sendiri juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda serta Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) .

berharap masyarakat dapat mengetahui dan memahami esensi dari adanya , yaitu tidak semua perkara harus dipidanakan.

“Program ini harus terus disosialisasikan kepada masyarakat, agar masyarakat semakin paham bagaimana menyelesaikan permasalahan tidak harus dengan langkah pidana namun bisa dengan mediasi atau musyawarah,” ujarnya.

Menurut , menyelesaikan perkara dengan cara musyawarah atau mediasi, membuat pihak yang melakukan kesalahan diharapkan untuk sadar tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. Sedangkan bagi pihak yang menjadi korban, diharapkan membangun kewaspadaan untuk tidak lagi menjadi korban tindak pidana.

juga berharap peran para lurah, camat, dan tokoh masyarakat untuk bisa menyosialisasikan kepada masyarakat sebagai bentuk penyuluhan hukum bagi warga .

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO