Cegah Penyebaran PMK, Satu Sapi Suspek di Pasar Hewan Kabuh Jombang Dikembalikan

Cegah Penyebaran PMK, Satu Sapi Suspek di Pasar Hewan Kabuh Jombang Dikembalikan Petugas dari Dinas Peternakan Jombang dan kepolisian saat mengembalikan sapi asal Ngimbang, Lamongan.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com bersama pihak terkait melakukan pemantauan di pasar hewan Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku () pada hewan. Alhasil, satu ekor sapi suspek dikembalikan ke daerah asal.

Kepala ,, mengatakan bahwa pihaknya melakukan di pasar ternak sejak pukul 04:30 WIB. Upaya tersebut dilakukan agar hewan ternak yang dijual benar-benar sehat.

"Pemantauan ini dalam rangka pencegahan penyebaran di Jombang. Yang dapat masuk hanya hewan ternak dengan kondisi sehat, satu ekor sapi suspek kita kembalikan, kita minta untuk putar balik dari asal Ngimbang," ujarnya, Jumat (13/5/2022).

Ia menuturkan, indikator suspek pada hewan ternak saat dilakukan pemantauan di pasar hewan yakni mengarah pada gejala wabah yang dimaksud dan tidak diperkenankan masuk ke wilayah jual beli ternak.

"Kami lihat dari suhu sapi tinggi, saat mulut dibuka terdapat luka di lidah atau gusi, sehingga kita harus ambil tindakan pencegahan," tuturnya.

Selain itu, lanjut Agus, pihaknya juga melakukan beberapa tindakan lain untuk menekan penyebaran seperti penyemprotan disinfektan.

"Oleh medikvet, paramedikvet, inseminator utara brantas, kepolisian, dan pihak pasar hewan dan Desa kabuh, dilakukan juga tindakan penyemprotan desinfektan kendaraan dan lingkungan di sekitar pasar," kata Agus.

Sedangkan informasi terbaru soal suspek sapi dengan kategori telah bertambah menjadi 104 ekor, dengan jumlah kematian 5 ekor pedet atau anakan sapi.

"Kemarin 96 ekor sekarang 104 sapi suspek,dan yang mati ada 5 pedet kemungkinan karena air susu tidak maksimal. Saat ini pengobatan terus kita lakukan," paparnya. (aan/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Plt Bupati Nganjuk Launching Vaksin PMK di Loceret':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO