Petugas Gabungan Gelar Penyekatan Hewan Ternak di Simpang Tiga Mengkreng Kediri

Petugas Gabungan Gelar Penyekatan Hewan Ternak di Simpang Tiga Mengkreng Kediri Petugas gabungan saat mengecek sebuah truk yang mengangkut hewan ternak di Simpang Tiga Mengkreng, Kabupaten Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Petugas gabungan menggelar penyekatan lalu lintas ternak di Simpang Tiga Mengkreng, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten , Kamis (7/7/2022). Mereka terdiri dari Polsek Purwoasri, Satlantas Polres , Koramil 0809/17 Purwoasri, dan Satpol PP Kabupaten .

Agenda tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku () di Kabupaten . Kapolsek Purwoasri, AKP Irfan Widodo, mengatakan bahwa penyekatan dilakukan di sana karena wilayah itu merupakan jalur lalu lintas kendaraan yang menghubungkan antara Kabupaten menuju Jombang maupun Nganjuk.

"Kita lakukan penyekatan, baik kendaraan pengangkut hewan ternak yang masuk, maupun keluar dari ," ujarnya di lokasi.

Saat penyekatan, petugas menemukan banyak kendaraan seperti truk yang mengangkut sapi ataupun kambing. Banyaknya hewan yang masuk lantaran Hari Raya Iduladha sudah dekat, dan kini merupakan waktu bagi masyarakat untuk mencari kurban.

"Mereka ini mayoritas membawa hewan itu menuju pasar di Kabupaten ," ucapnya.

Dari penyekatan, kata Irfan, petugas melakukan pemeriksaan langsung seperti Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Kemudian, ada juga kendaraan mengangkut 2 ekor sapi menuju Surabaya, namun semua dilengkapi dengan SKKH, dan ada beberapa yang diputar-balikan karena tidak melengkapi surat-surat tersebut. 

"Kita terus maksimalkan penyekatan ini agar ini tidak menyebar luas di wilayah Kabupaten ," pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO