DPUTR Gresik Pastikan Pembangunan Jembatan Kacangan Rampung Akhir Tahun ini

DPUTR Gresik Pastikan Pembangunan Jembatan Kacangan Rampung Akhir Tahun ini Aktivitas pengerjaan tiang pancang rekonstruksi Jembatan Kacangan, Kecamatan Benjeng, Gresik. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) , Edi Pancoro, mengatakan bahwa pembangunan jembatan di Desa Kacangan, Kecamatan Benjeng, saat ini dalam tahap pengerjaan. Akses penghubung yang patah pada 19 Desember 2021 itu rencananya selesai pada akhir tahun nanti.

"Sesuai kontrak, pembangunan Jembatan Kacangan rampung pada bulan Desember, tahun ini," ujarnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Rabu (5/10/2022).

Ia menyebut, rekonstruksi jembatan pada APBD 2022 dianggarkan sebesar Rp15,4 miliar dan hanya terkontrak Rp13,7 miliar. Edi memaparkan, jembatan sepanjang 90 meter itu bakal dilebarkan.

"Rekonstruksi Jembatan Kacangan sepanjang 90 meter, sementara lebar 7 meter. Konstruksi jembatan kami lebarkan dari kondisi sebelumnya," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD , Much Abdul Qodir, melakukan sidak pembangunan Jembatan Kacangan. Saat itu, ia meminta agar pengerjaan akses penghubung ini selesai sesuai jadwal dan kontrak kerja agar agar bisa digunakan masyarakat sekitar.

"Saya minta agar proyek Jembatan Kacangan bisa rampung sesuai schedule," kata Qodir.

Jembatan Kacangan sebelumnya ambles dan mengakibatkan badan jalan patah. Atas kejadian tersebut, DPUTR melakukan pembahasan skema dan estimasi kebutuhan anggaran, termasuk pergeseran dan realokasi anggaran di Bidang Bina Marga sampai akhir Desember 2021.

Kemudian, DPUTR melakukan tahapan survei dan sondir tanah, alur sungai, kajian, dan analisa teknis dengan menggandeng tim ahli dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) atas penyebab amblesnya Jembatan Kacangan.

DPUTR lalu menentukan tim konsultan perencana teknis dan penyusunan desain baru Detail Engineering Design (DED) kontruksi, dan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) jembatan dengan dasar hasil kajian tim ahli. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO