Peringati Hari Santri Nasional 2022, MWCNU Sarirejo Lamongan Gelar Upacara dan Festival Ishari

Peringati Hari Santri Nasional 2022, MWCNU Sarirejo Lamongan Gelar Upacara dan Festival Ishari Suasana upacara Hari Santri Nasional 2022 di MWCNU Sariejo, Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama () Kecamatan Sarirejo, , menggelar upacara dan festival Ishari () dalam rangka memperingati (HSN) tahun ini, Sabtu (22/10/2022).

Ketua Sarirejo, K.H. Ja'far Rodli, mengatakan bahwa sejumlah acara ini mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat. Sebab, selama dua tahun lalu kegiatan hanya dilakukan secara sederhana akibat pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah tahun ini, peringatan HSN sangat meriah, bahkan upacara HSN hari ini di Kecamatan Sarirejo dilakukan ditiap-tiap ranting, dan malam nanti ada sholawat bil hadroh," ujarnya.

Ia menyebut, Sarirejo beserta lembaga dan banom mengadakan upacara di halaman kantor. Upacara yang melibatkan sekitar 150 peserta tersebut juga dihadiri para tokoh, kiai di wilayah Sarirejo, di antaranya, KH, Ach. Chotib, KH. Bukhoro, KH, Ta'aruf dan KH Ahmad Bisri. Ust, Nawawi dan Ust Asnawi.

Dalam amanatnya, KH. Ja'far Rodli yang bertindak sebagai inspektur upacara menegaskan, sebagai tonggak perjuangan Santri melawan penjajah Inggris dengan resolusi jihad oleh KH. Hasyim Asy’ari.

“Alhamdulillah hari ini kita peringati sebagai tonggak perjuangan Santri. Sekarang kita merasakan kemerdekaan Republik Indonesia, semoga kita bisa menjaga persatuan dan kesatuan NKRI” tegasnya.

Menurut dia, perjuangan para pendahulu tidak sebanding dengan pengorbanan para santri pada waktu itu, dalam melawan penjajah Inggris dan NICA di Surabaya.

“Dimana resolusi Jihad yang dikeluarkan KH Hasyim Asy’ari menjadikan santri di Indonesia, khususnya Jawa dan Madura bergerak melawan penjajah,” tuturnya.

Untuk mengisi kemerdekaan, para santri dan generasi muda pada umumnya hendaknya meningkatkan keilmuan dan selalu mengedepankan akhlakul karimah dalam bersikap serta mengisinya dengan kegiatan yang positif.

“Isilah kemerdekaan dengan hal-hal yang positif, Semoga bermanfaat Indonesia lebih maju dan santri yang Akhlakul Karimah, mandiri dan berkarya di era globalisasi seperti sekarang ini, amin” pungkasnya. (qom/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO