HSN, Santri dan Santriwati di Kediri Gelar Tradisi Liwetan

HSN, Santri dan Santriwati di Kediri Gelar Tradisi Liwetan Tradisi liwetan yang digelar oleh para santri di Ponpes Roudlotul Ibaad. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati () tahun 2022, santri dan santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlotul Ibaad di Dusun Templek , Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri menggelar tradisi , Minggu (23/10/2022).

Liwetan merupakan tradisi makan dengan alas memakai daun pisang sebagai pengganti piring.

Basori Alwi, Pengasuh Ponpes Roudlotul Ibaad, mengatakan bahwa ini digelar untuk melestarikan tradisi. Sebab, saat ini tradisi lewatan sudah jarang dijumpai di pondok pesantren.

Berbeda dengan zaman dahulu, para santri membawa bekal makanan dari rumah yang kemudian dimasak ketika berada di pondok yang dikenal dengan sebutan nasi liwet.

"Kita ketahui para kiai besar yang ada di Indonesia ini rata-rata sudah biasa membuat yang merupakan tradisi sejak zaman dulu," ujar Gus Basori, Minggu (23/10/2022).

Menurutnya, tradisi menggambarkan bahwa para santri siap digembleng dalam peran apapun, seperti kemandirian, ekonomi, dan yang lainnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO