Massa 411 Demo Tuntut Jokowi Mundur, Habib Ini Ngaku Malu, Presiden Malah di Mojokerto

Massa 411 Demo Tuntut Jokowi Mundur, Habib Ini Ngaku Malu, Presiden Malah di Mojokerto  Massa mengatasnamakan Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) bertajuk Aksi 411 melakukan long march ke Istana Merdeka di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2022) siang. Foto Tribunnews.com:

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Setelah salat Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta, massa yang mengatasnamakan Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) bertajuk Aksi 411 melakukan long march ke Istana Merdeka di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2022) siang.

Salah satu tuntutan mereka bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mundur. Tuntutan itu disampaikan terkait dugaan ijazah Jokowi palsu.

Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif menjelaskan bahwa sampai saat pihak Istana belum merespon. Menurut dia, Presiden Jokowi belum menunjukkan ijazah SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi.

Bagaimana tanggapan Istana terhadap demo ini? Ternyata Presiden Jokowi malah tak ada di tempat. Informasi dari Aris, wartawan BANGSAONLINE.com, Presiden Jokowi justru berada di Mojokerto Jawa Timur.

Menurut Aris, Presiden Jokowi meresmikan bioetanol di PT Energi Agro Nusantara (Enero). Presiden Jokowi dan rombongan tiba pukul 9.49 WIB di PT Enero yang terletak di Jalan Raya Gempol Krep, Kecamaran Gedek, Kabupaten Mojokerto.

Pihak Istana membenarkan Jokowi di Mojokerto. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, menyatakan bahwa kunker Presiden Jokowi kali ini merupakan penjadwalan ulang dari agenda kunker sebelumya pada 10 Oktober 2022.

"Jadi hari ini Presiden kunker ke Mojokerto, Jawa Timur. Sebetulnya rencananya kunker ke Mojokerto pada 10 Oktober lalu, namun tertunda saat itu," ujar Bey dikutip Kompas.

"Oleh karena itu, Kementerian BUMN mengajukan permohonan kembali agar Bapak Presiden ke Mojokerto pada hari ini, 4 November 2022," katanya.

Sementara Habib Zen Assegaf yang dikenal dengan panggilan Habib Kribo justru berkomentar miring terhadap demo 411. Habib Kribo mengaku malu dengan tingkah laku para tokoh yang mengatasnamakan diri sebagai GNPR.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO