Jelang Pemilu 2024, KPU Tulungagung Umumkan Rencana Alokasi Kursi DPRD dan Penambahan Dapil

Jelang Pemilu 2024, KPU Tulungagung Umumkan Rencana Alokasi Kursi DPRD dan Penambahan Dapil Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Tulungagung, Much Arif, saat memberi pemaparan ketika media gathering.

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - KPU  menggelar pengumuman rancangan penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD. Dalam agenda tersebut dijelaskan, ada 5 Dapil di  sejak pelaksanaan Pemilu 2004 dan akan bertambah, tergantung skema usulan perubahan yang diputuskan KPU RI.

"Tidak ada alasan urgen yang menjadikan perubahan Dapil di , namun karena saat ini masuk tahapan penetapan dapil maka kita laksanakan penataan Dapil ini," kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU , Much Arif, Kamis 24/11/2022).

Ia mengatakan bahwa saati ini, terkonsep 3 skema Dapil dengan disparitas (selisih) harga kursi yang berbeda-beda, dan akan disampaikan kepada publik. Skema pertama, 5 Dapil dengan selisih harga kursi dari wilayah dengan nilai tertinggi dan terendah ada di angka lebih dari 1.000 suara.

Kemudian, kata Arif, skema kedua terdapat 6 Dapil dengan disparitas kursi di angka 2.800-an suara, dan skema yang terakhir adalah 7 Dapil dengan disparitas kursi lebih dari 3.000 suara. Hal itu bakal dipaparkan KPU ke masyarakat.

"Nanti skema ini akan kita sampaikan kepada publik, dan sesuai jadwal yang ada akan kita uji publik kan, sehingga ada masukan dan tanggapan dari berbagai pihak," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Pria di Tulungagung Pepet Perempuan Pengendara Motor Sambil Masturbasi ':