Lagi, Cagar Alam Alas Simpenan akan Direvitalisasi ARPL Kediri

Lagi, Cagar Alam Alas Simpenan akan Direvitalisasi ARPL Kediri Pohon jenis ficus yang sudah disiapkan untuk ditanam di Buffer zone CA Manggis Alas Simpenan. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Para relawan yang tergabung dalam ARPL bakal melakukan revitalisasi tahap III Buffer Zone Cagar Alam Manggis atau dikenal dengan nama di Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten , Minggu (4/12/2022).

Bentuk revitalisasi tersebut adalah dengan melakukan penanaman pohon terutama jenis ficus di lahan milik Perhutani yang sudah dijadikan cagar alam itu. Selain melakukan penanaman pohon, para relawan juga akan menyulami pohon yang sebelumnya sudah ditanam, namun mati di lahan yang juga menjadi Pusat Ficus Nasional.

Koordinator ARPL , Ari Purnomo Adi, mengatakan bahwa revitalisasi buffer zone CA Manggis atau ini, sebelumnya sudah pernah dilakukan yaitu pada tahun 2020 lalu.

Selama kurun waktu tersebut, para relawan juga sudah melakukan penanaman lagi dan menyulami pohon yang mati serta selalu mengecek pohon yang sudah ditanam, guna memastikan pohon tersebut bisa hidup.

"Untuk revitalisasi tahan ke 3 ini, kami sudah menyiapkan ratusan pohon terutama jenis ficus ukuran 2-3 meter, untuk ditanam di Cagar Alam ini," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (30/11/2022).

Guna mensukseskan agenda itu, Ari mengajak para relawan pecinta lingkungan untuk bergabung dalam aksi penanaman pohon di Cagar Alam Manggis . Buffer zone CA Manggis atau dikenal sebagai adalah wanawisata yang merupakan kawasan hutan lindung.

Lokasinya terletak di lereng , tepatnya di Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten . Di cagar alam ini, tidak hanya terdapat tanaman yang dilindungi namun juga terdapat kumpulan monyet yang hidup bebas di hutan seluas sekitar 12 hektar. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO