Hingga Tahun ini, Dinkes Ngawi Catat Sebanyak 924 Orang Menderita HIV/AIDS

Hingga Tahun ini, Dinkes Ngawi Catat Sebanyak 924 Orang Menderita HIV/AIDS Koordinator Program IMS HIV AIDS, Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi, Ahmad Hari Sunarto.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan Kabupaten , menyebut sebanyak 924 orang ditemukan menderita AIDS.

"Data kita update terakhir pada bulan September lalu ditemukan 924 orang terjangkit . Jumlah itu global seluruh Kabupaten ," jelas Koordinator Program IMS HIV AIDS, Dinkes , Ahmad Hari Sunarto.

Ia mengatakan, pasien yang dinyatakan terjangkit pasien tersebut didominasi oleh kaum pria. Dari data yang tercatat, dari 924 orang yang ditemukan menderita AIDS, yang masih hidup dan menjalani perawatan sebanyak 735 orang, sedangkan yang meninggal 189 orang.

"Dari data terakhir bulan September sudah sembilan ratus lebih. Untuk tahun depan bisa saja mencapai angka seribuan," terangnya.

Petugas Dinas Kesehatan dalam mengantisipasi terjadinya penyebaran HIV di wilayahnya, melakukan pengecekan pada ibu hamil, melakukan pengecekan di tempat hiburan malam dan warga binaan lapas.

Selain itu, di setiap pelayanan kesehatan di Kabupaten , telah disediakan alat untuk pengecekan virus HIV dan juga melakukan pengecekan kepada calon pengantin. Hal ini dilakukan, untuk menekan angka penderita di .

"Sebelum Pandemi kita secara rutin melakukan pengambilan sampling di tempat karaoke. Selain itu juga pada warga binaan lapas," tuturnya.

Dari informasi yang dihimpun BANGSAONLINE.com, penderita virus HIV di , mayoritas usia produktif dan juga usia anak usia remaja. Sementara, di sendiri, sudah ada komunitas penderita Orang dengan , yang berfungsi untuk mengontrol para penderita. (nal/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO