1.147 Purna-Paskibraka Jatim Dikukuhkan Jadi Duta Pancasila, Khofifah Sampaikan Pesan Gus Dur

1.147 Purna-Paskibraka Jatim Dikukuhkan Jadi Duta Pancasila, Khofifah Sampaikan Pesan Gus Dur Gubernur Khofifah saat menyematkan pin dan menyerahkan piagam secara simbolis kepada 2 perwakilan Purna-Paskibraka Duta Pancasila Jawa Timur.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 1.147 Purna-Paskibraka Jawa Timur 2021 resmi dikukuhkan sebagai Duta oleh Badan Pembinaan Ideologi (BPIP) di Gedung Negara Grahadi, , Sabtu (17/12/2022).

Kegiatan ini ditandai dengan penyematan pin dan penyerahan piagam secara simbolis kepada 2 perwakilan Purna-Paskibraka Duta Jawa Timur oleh Gubernur yang disaksikan Kepala BPIP, KH Yudian Wahyudi.

Mantan Menteri Sosial itu telah menerima langsung Surat Keputusan (SK) penetapan Duta Jawa Timur yang diberikan Ketua BPIP. Ada 75 Purna-Paskibraka 2021 yang hadir, sedangkan sisanya melalui daring, mereka berasal dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

"Duta merupakan tugas yang sangat mulia dan luhur. Menjalankan tugas mulia biasanya membutuhkan pengorbanan dan setiap pengorbanan besar pahalanya," kata .

Hal tersebut disampaikan gubernur dengan mencontoh kalimat yang pernah diungkapkan oleh almarhum Presiden Indonesia ke-4, K.H. Abdurrahman Wahid, atau yang akrab disapa dengan .

"Dulu menyampaikan hidup itu perlu perjuangan, dan perjuangan butuh pengorbanan dan setiap pengorbanan besar pahalanya," tuturnya.

Dengan perjuangan para Purna-Paskibraka Jawa Timur sebagai Duta , berharap perjuangan kali ini dilihat sebagai satu kesatuan rangkaian para pejuang bangsa baik saat penjajahan, revolusi kemerdekaan, merebut dan mengisi kemerdekaan yang dilakukan dengan perjuangan, dan pengorbanan yang luar biasa.

"Oleh karena itu saya mengajak kita semua untuk menyatukan pikiran, gerakan, dan barisan bahwa negeri ini butuh pagar kuat untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar penuh perdamaian, persatuan, kesatuan dan persaudaraan," paparnya.

Ia menegaskan, tugas dari Duta ini yakni menjadi bagian pagar sekaligus penguat pondasi untuk menjaga NKRI.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO