Dorong Keterlibatan Generasi Muda, Pemkab Kediri Tumbuhkan Koperasi Milenial

Dorong Keterlibatan Generasi Muda, Pemkab Kediri Tumbuhkan Koperasi Milenial Plt Kepala Dinas Kopusmik Kabupaten Kediri, Mamiek Amiyati. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menghadapi perkembangan persaingan usaha dan tantangan yang harus dihadapi koperasi, Pemkab mendorong kalangan untuk ikut terlibat menjadi penerus estafet dalam dunia perkoperasian.

Sebagai langkah awal, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Kopusmik) Kabupaten tahun ini menumbuhkan koperasi yang beranggotakan anak muda. Hal tersebut menjadi wajah baru dunia perkoperasian yang selama ini identik dengan orang tua.

"Koperasi ini perlu adanya regenerasi pengurus yang melibatkan kalangan , sebagai pilot project kami menumbuhkan koperasi millenial yang berisi generasi muda," kata Plt Kepala Dinas Kopusmik Kabupaten , Mamiek Amiyati, Jumat (23/12/2022).

Ia tak memungkiri, koperasi saat ini dituntut bisa memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Ini mendorong kalangan supaya ikut terlibat mengembangkan koperasi, karena mereka dinilai lebih mudah menguasai teknologi.

Koperasi bernama Muda Berkarya (KMB) yang dirintis tersebut, menurut Mamiek berisi anak muda yang tergabung dalam paguyuban Young Entrepreneur. Koperasi tersebut diarahkan bergerak dalam pemasaran produk UMKM.

Selain anggotanya yang merupakan pelaku UMKM, koperasi Muda Berkarya diharapkan dapat menampung produk UMKM di Kabupaten . Koperasi yang berisi kalangan millenial itu pun berhasil menembus pasar di kawasan Malioboro, Yogyakarta dan pusat oleh-oleh di Bali.

"Kita harapkan pada 2023 nanti tumbuh koperasi millenial di tiap korcam," ungkapnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO