Komnas HAM Minta Pengidap Gagal Ginjal Akut Lapor Bila Alami Kesulitan Berobat

Komnas HAM Minta Pengidap Gagal Ginjal Akut Lapor Bila Alami Kesulitan Berobat Komnas HAM Minta Pengidap Gagal Ginjal Akut Lapor Bila Alami Kesulitan Berobat. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE. com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia () meminta pengidap akut melapor jika mengalami kesulitan dalam berobat.

Setelah mengalami akut, diketahui para korban masih harus rawat jalan ke rumah sakit. Dalam prakteknya, terdapat beberapa penyintas harus mengeluarkan biaya yang besar karena alat-alat kesehatan dan obat-obatan tidak ditanggung pemerintah.

"Kami minta kepada korban yang masih mengalami kesulitan untuk itu, agar segera melaporkan kembali supaya kemudian kita minta pemerintah untuk memenuhi itu atau mencari alternatif untuk penyediaan obat yang tidak ada", ujar Putu Elvina selaku Komisioner Bidang Pendidikan dan Penyuluhan pada Sabtu (11/3/2023).

Putu Elvina mengatakan sejauh ini telah mendapatkan keterangan dari pihak keluarga yang anaknya masih dirawat di rumah sakit rujukan, RSUP Cipto Mangunkusumo () maupun pihak rumah sakit itu sendiri.

Pihak rumah sakit mengatakan ada beberapa pasien yang sudah diizinkan pulang. Tetapi, beberapa keluarga masih ragu dalam proses tata laksana perawatan di rumah, dan memilih untuk berada di rumah sakit.

Pihak rumah sakit juga mengatakan telah melakukan koordinasi dengan BPJS Kesehatan.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO