Viral! JCH dari Kota Kediri ini Malah Minta Pulang saat Mau Berangkat ke Makkah

Viral! JCH dari Kota Kediri ini Malah Minta Pulang saat Mau Berangkat ke Makkah Salami, JCH Kloter 32 dari Kota Kediri yang minta pulang saat diapit oleh kedua anaknya, Umi Hanafiah dan Khoirul. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Beredar video seorang jemaah calon haji (JCH) perempuan dari Kota meminta pulang ketika akan berangkat ke Bandara Juanda untuk terbang ke Tanah Suci, Senin (5/6/2023) malam.

JCH tersebut adalah Salami Binti Abani (71), warga Jalan Agus Salim 13, Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota . Padahal dia sudah mendaftar haji sejak 2010-2011 lalu.

Umi Hanafiah, salah satu anak perempuannya menuturkan bahwa ibunya memang minta pulang ketika akan diberangkatkan ke Bandara Juanda dari Asrama haji Sukolilo Surabaya, Senin malam sekitar pukul 19.00 WIB.

"Ketika bus yang mengangkut calon jemaah haji akan diberangkatkan dari Asrama Haji Sukolilo menuju Bandara Juanda, kakak saya (Khoirul) mendapat kabar, bahwa Ibunya "mbrosot" (turun secara diam-diam) dari bus dan menolak berangkat," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (6/6/2023).

Menurut dia, upaya petugas merayu ibunya agar mau berangkat tidak membuahkan hasil. Ibunya tetap minta pulang. Alasan Salami minta pulang karena teringat selamatan tujuh harinya anak bungsu (perempuan) yang baru meninggal pada hari Rabu (31/5/2023) lalu.

Karena tidak mau berangkat, lanjut Hana, Ibunya kemudian dibawa pulang dan tiba di rumah di Bandar Kidul malam hari sekitar pukul 24.00 WIB. Hana mengakui bahwa ibunya memang agak pikun, sehingga sering lupa apa saja yang baru dilakukan.

"Alhamdulillah, meski tidak mau berangkat, Ibu saya dalam keadaan sehat. Mungkin akan berangkat tahun depan," tutup Hana.

Sedangkan, Khoirul, anak laki-laki Salami, mengaku sudah membuat surat pernyataan kepada Kementerian Agama Kota , bahwa Ibunya bisa ditunda keberangkatannya tahun depan atau menunggu perkembangan selanjutnya.

Sementara itu, Kasi Haji Kemenag Kota , Tjitjik Rachmawati, belum membalas WA konfirmasi yang dikirim wartawan. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO