Ikuti Rapat, Puluhan Kepala Sekolah di Situbondo Kompak Sebut Tak Ada Paksaan Beli Buku dan Seragam

Ikuti Rapat, Puluhan Kepala Sekolah di Situbondo Kompak Sebut Tak Ada Paksaan Beli Buku dan Seragam Suasana rapat kerja Komisi IV DPRD Situbondo dengan kepala SD dan SMP. Foto: SYAIFUL BAHRI/BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Isu jual beli buku dan seragam sekolah menjadi pembahasan hangat dalam rapat kerja antara DPRD dengan puluhan kepala SD dan SMP, Rabu (26/7/2023). 

Anggota Komisi IV DPRD , Tolak Atin, mengatakan bahwa pihaknya ingin mendapatkan klarifikasi persoalan jual beli buku dan seragam di sekolah dalam agenda tersebut.

"Menyikapi isu yg berkembang di masyarakat tentang jual beli buku LKS dan seragam yang disampaikan kepada kami tidak sesuai aturan. Karenanya kami perlu klarifikasi kepada sekolah," ujarnya.

Ia menegaskan, pihak sekolah maupun disdikbud dilarang melakukan jual beli hal tersebut kepada siswa.

"Tidak boleh jual beli dengan modus kerjasama dengan pihak lain," tuturnya.

Berdasarkan pantauan BANGSAONLINE.com, para kepala sekolah dan pihak dinas terkait sepakat menyatakan bahwa tidak ada paksaan jual beli buku dan seragam.

Koordinator wilayah Timur Kegiatan Kelompok Kerja kepala sekolah (K3S) SD, Poniman, menyebut tidak ada praktik jual beli di lingkungan SD.

"Informasi mengagetkan, lingkungan kami tidak ada. Buku tidak sesuai akan dicoret. Seragam memberi gratis 1 sampai 2 setel baju. Uang tidak perlu tahu, terkadang iuran," ucapnya.

Sedangkan Ketua K3S SD , Fita Ariyani, menyatakan tidak ada paksaan bagi murid untuk membeli buku dan seragam.

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO