DPRD Situbondo Temukan Banyak Dugaan Pelanggaran Tambang di Desa Sumberanyar, Warga Tersiksa

DPRD Situbondo Temukan Banyak Dugaan Pelanggaran Tambang di Desa Sumberanyar, Warga Tersiksa Komisi III DPRD Situbondo saat meninjau lokasi tambang yang merusak lahan warga di Desa Sumberanyar.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Komisi III DPRD melakukan kunjungan ke lokasi tambang di Kecamatan Jatibanteng, Jumat (10/11/2023). Sidak tersebut merespons laporan warga Sumberanyar terkait kerusakan lahan.

"Kunjungan ini sebagai respons laporan warga Sumberanyar tentang pengrusakan lahan akibat penambangan," ujar Ketua Komisi III, Arifin, kepada awak media, Jum'at (10/11/2023), sore.

Arifin mengungkapkan dari kunjungan itu pihaknya mendapatkan beberapa temuan, yang diduga sebagai pelanggaran pihak penambang.

"Yang pertama masyarakat menerima dampak kerusakan yang diakibatkan oleh penambang. Ditemukan juga, lahan yang terdampak adalah lahan milik warga, baik berupa hak milik maupun hak pakai," ungkapnya.

Arifin menduga penambangan di secara administrasi berada di luar titik koordinatnya.

"Tambang milik Haji Kholik ini titik koordinatnya atau lokusnya hanya di Desa Blimbing, tidak sampai di . Kami menduga penambang ini melakukan penambangan di luar titik koordinat, sehingga kami ingin ada kejelasan tentang koordinat ini di mana sebenarnya?" tanyanya.

Terkait kerusakan, Arifin menemukan banyak lahan-lahan warga yang tergerus oleh penambangan.

"Sudah terkikis tanahnya, begitu banyak kerusakan tanah yang disebabkan oleh panambang, sehingga ke depannya bisa saja tidak bisa dimanfaatkan oleh warga," tuturnya.

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO