Buron 3 Tahun, Wanita Pelaku Korupsi Dana Nasabah BPR Kota Blitar Dijebloskan ke Penjara

Buron 3 Tahun, Wanita Pelaku Korupsi Dana Nasabah BPR Kota Blitar Dijebloskan ke Penjara EW, tersangka korupsi BPR Artha Praja Kota Blitar saat hendak dijebloskan ke tahanan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Seorang wanita berinisial EW (31), warga , Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar, akhirnya dijebloskan ke penjara setelah tiga tahun buron.

EW merupakan pelaku korupsi dana nasabah . Wanita berambut panjang itu me-mark up uang pengambilan tabungan 14 orang nasabah, mengurangi setoran tabungan nasabah, dan tidak membayarkan gaji tenaga kebersihan.

Kerugian negara akibat perbuatan EW mencapai angka fantastis, yakni sebesar Rp1.033.074.146.

Pelaku yang merupakan karyawan di mengambil uang tersebut dengan cara membobol sistem otorisasi dengan menggunakan password akun milik salah satu pemegang akun.

Serta memalsukan tanda tangan nasabah dalam slip penarikan dan penyetoran.

"Pelaku melarikan diri sejak tahun 2020 ke sejumlah daerah di Jawa Timur. Di antaranya ke Banyuwangi, Jember, dan Lumajang. Pelaku baru tertangkap pada tanggal 22 Desember 2023," ungkap Kasatreskrim , AKP Hendro Utariyo, Rabu (27/12/2023).

Di depan polisi, EW mengaku nekat menggelapkan dana nasabah karena terlilit utang arisan.

Kini ia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dia dijerat dengan pasal 3 subsider pasal 8 lebih subsider pasal 9 Undang-Undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang- Undang nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO