Ini Sederet Perkara yang Menonjol di Pengadilan Negeri Jombang Selama 2023

Ini Sederet Perkara yang Menonjol di Pengadilan Negeri Jombang Selama 2023 Ketua PN Jombang, Bambang Setyawan (kanan), bersama wakilnya, Faisal Akbaruddin Taqwa saat konferensi pers. Foto: AAN AMRULLOH/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Terdapat sejumlah perkara menonjol menjadi sorotan publik yang ditangani Pengadilan Negeri (PN) selama 2023. Hal tersebut disampaikan saat konferensi pers yang berlangsung pada hari ini, Selasa (2/1/2024).

"Perkara pidana menarik dalam catatan kami ada 9 perkara, perkara perdata juga ada 9 perkara," kata Wakil Ketua PN , Faisal Akbaruddin Taqwa.

Adapun perkara yang dimaksud yakni perekaman konten pornografi, ujaran kebencian oleh terdakwa mantan pegawai BRIN, kekerasan dalam rumah tangga, persidangan kasus ibu mertua dan kakak ipar, juga kasus dugaan pembunuhan wartawan di

Kemudian untuk perkara perdata menarik disampaikan Faisal seperti, sengketa kepengurusan PCNU, sengketa partai politik, gugatan perwakilan class action, sengketa robot trading, juga sengketa penyerahan harta warisan.

"Setiap perkara yang dinilai mendatangkan massa kami sudah siapkan antisipasi dan rakor untuk pengamanan dengan oihak terkait, sehingga ada manajemen resiko yang harus diterapkan. Dan selama 2023 ini perkara paling menguras tenaga perkara ujaran kebencian yang rawan konflik organisasi," urai Faisal.

Disebutkan pula, perkara pidana dan perdata yang diterima pada 2023 mengalami penurunan 45 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yang mana dari 11.381 perkara menjadi 6.201 perkara.

"Namun, perkara gugatan di PN meningkat menjadi 33.73%. Dari 83 perkara menjadi 111 perkara. Begitupun dengan perkara perdata permohonan meningkat 30%, dari 157 perkara menjadi 204 perkara," tuturnya.

Dari sejumlah perkara, lanjut Faisal, paling banyak didominasi kasus narkotika, tercatat sebanyak 151 perkara, atau 36.65 persen dari total perkara pidana biasa yang diterima pada tahun 2023.

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO