Caleg DPRD dan DPR di Gresik Keluarkan Uang Tak Sedikit untuk Beli Suara Pemilih, Segini Targetnya

Caleg DPRD dan DPR di Gresik Keluarkan Uang Tak Sedikit untuk Beli Suara Pemilih, Segini Targetnya Kerangka bekas APK caleg masih berdiri di sudut Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Gresik usai ditertibkan bawaslu di masa tenang. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE.com

GRESIK,BANGSAONLINE.com - Calon legislatif (caleg) peserta pemilu 2024, baik untuk DPRD , DPRD Jatim, maupun DPR RI, menggelontorkan uang yang tak sedikit untuk membeli suara pemilih.

Uang itu rata-rata sudah diserahkan ke calon pemilih, baik lewat kordinator masing-masing desa, kelurahan, RT, RW, atau tim lain yang dibentuk pada masa kempanye.

"Sudah dibelanjakan. Sudah diserahkan ke calon pemilih sejak masa kampanye terakhir," ucap salah satu caleg yang maju lewat Kabupaten kepada BANGSAONLINE.com, Senin (12/2/2024).

Menurut ia, target dan kuota belanja suara tiap-tiap caleg tidak sama. Misalnya caleg DPRD , ada yang mengalokasikan belanja 10-25 ribu suara.

"Untuk caleg DPRD rata-rata belanja per suara Rp50 ribu hingga Rp100 ribu, bahkan ada yang nekat belanja Rp150 ribu per suara. Ya tinggal dikalikan saja habisnya berapa," tuturnya.

Sementara untuk caleg DPRD Jatim, rata-rata belanja suara antara 100 ribu hingga 250 ribu untuk dua kabupaten, dan (dapil 13). Rata-rata per suara dibeli seharga Rp20 ribu, Rp30 ribu, bahkan ada yang Rp50 ribu.

Adapun untuk caleg DPR RI, biasanya belanja suara di atas 200 ribu untuk dua kabupaten, dan (dapil 10). Untuk harga per suara mulai dari Rp20 ribu, Rp25 ribu, Rp30 ribu, hingga Rp50 ribu.

"Ya tinggal dikalikan saja untuk biaya belanja suara. Jika belanja sebanyak 400 ribu suara, masing-masing Rp50 ribu per suara, maka uang yang dikeluarkan mencapai Rp20 miliar. Itu baru biaya untuk belanja suara, belum biaya untuk tim, konsolidasi, dan pembuatan serta pemasngan APK," bebernya.

Menurut sumber tersebut, rata-rata caleg menggunakan pola belanja suara maksimal. Sebab, rata-rata hasil belanja tak sesuai dengan jumlah suara yang dibeli.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO