Kenali Berbagai Jenis Tali Outdoor Beserta Fungsinya

Kenali Berbagai Jenis Tali Outdoor Beserta Fungsinya Foto: M. SULTHON NEAGARA/ BANGSAONLINE

BANGSAONLINE.com - Pernahkah kalian melihat seseorang melakukan panjat tebing? Atau mungkin menuruni tebing? Mungkin kita pernah berpikir, tali apa yang mereka gunakan?

Di konten kali ini, kami akan mengajak kalian untuk mengenali berbagai jenis tali , khususnya tali yang biasa digunakan para . Karena di beberapa gunung memang ada yang diharuskan menggunakan peralatan climbing, seperti Gunung Raung misalnya.

Baca Juga: Pilah-pilah Sampah, Mana yang Boleh dan Tidak untuk Dibuang di Gunung?

Tali yang digunakan sebenarnya sama dengan tali pada umumnya, yaitu tali carmantel, prusik, dan webbing. Ketiga tali ini memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Berikut kami ulas berbagai model dan kegunaan di antara ketiga tali di atas.

Carmantel

Untuk tali carmantel terdapat banyak versi penyebutan, mulai dari karmantel, carmantel, kernmantle, hingga kernmantel. Tali ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian luar dan bagian dalam.

Bagian dalam terbuat dari serat nilon, sedangkan bagian luar sebagai pelindung bagian dalam. Tali inilah yang biasa digunakan untuk rock climbing (panjat tebing), rappelling (turun tebing secara bertahap), hingga rescue korban kecelakaan saat .

Baca Juga: Mengapa Masih Ada Pendaki yang Tersesat di Gunung?

Secara umum, tali ini terbagi menjadi dua jenis yaitu tali karmantel statis dan dinamis. Untuk yang dinamis memiliki tingkat kelenturan 30-50% dan biasa digunakan untuk aktivitas rock climbing.

Sedangkan untuk yang statis, hanya memiliki tingkat kerenggangan 15-20%. Jenis statis lebih cocok digunakan untuk aktivitas rappelling atau caving (susur gua) vertikal.

Terkait perbedaan fisik, biasanya tali dinamis berwarna putih, sedangkan untuk yang statis memiliki ragam warna atau bermotif.

Prusik

Baca Juga: Tak Semua Air di Gunung Bisa Langsung Dikonsumsi, Simak Informasi Berikut

Tali prusik mirip dengan tali carmantel. Hanya saja tali prusik berukuran lebih kecil secara diameter. Walaupun kecil, tali prusik juga memiliki peran penting khususnya ketika rock climbing, karena bisa digunakan sebagai pemanjang jangkar dan sebagai pengikat antara badan dengan lifeline ketika melakukan climbing.

Webbing

Tali yang berbentuk pipih atau gepeng ini memiliki banyak fungsi. Bisa digunakan untuk aktivitas climbing atau untuk aktivitas pendakian yang lain. Untuk aktivitas climbing, tali ini bisa digunakan sebagai harness atau digunakan sebagai anchor dan jangkar untuk diikat di batu atau pohon yang kokoh.

Selain itu, webbing bisa digunakan untuk kondisi darurat, misal ketika tali carrier putus, atau sebagai pengikat peralatan seperti mengikat matras ketika ditaruh di bagian luar.

Baca Juga: Tips Mencari Air di Gunung, Bermanfaat Ketika Kondisi Darurat

Bahkan di beberapa gunung yang terdapat tanjakan curam, tali webbing biasa digunakan sebagai tali pembantu untuk menanjak dengan cara diikat di pohon atau batu yang cukup kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO