Dirut Pupuk Indonesia Resmikan Petrokimia Agro Tech Center dan Pabrik Phonska Cair

Dirut Pupuk Indonesia Resmikan Petrokimia Agro Tech Center dan Pabrik Phonska Cair Dirut Pupuk Indonesia (Persero) Rahmad Pribadi (dua dari kanan) bersama istri, didampingi Dirut Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, saat melihat hasil budidaya tomat dan terong di nurseries and plantation. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Direktur Utama (Dirut) Pupuk Indonesia (Persero), Rahmad Pribadi, didampingi Direktur Utama Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, meresmikan Agro Tech Center (ATC), Jumat (19/7/2024). Agro Technology Center yang diresmikan menempati areal lahan seluas 7.656 m2.

Usai meresmikan ATC, Rahmad beserta Dwi dan jajaran direksi meninjau sejumlah tempat inovasi Gresik untuk penelitian dan budidaya pertanian, seperti nurseries and plantation, screen house, indoor farming system, mobil uji tanah nex generation, dan lahan pertanian.

Diresmikan pula Pabrik Phonska Cair dengan kapasitas 1 juta liter pertahun dan pembukaan Petro Agrofood. Rahmad menyampaikan, Petro Tech Center mengaplikasikan inovasi teknologi yang dimiliki Gresik, dan Agro Tech Center akan menjadi kawasan pusat riset bagi perusahaan dalam mengembangkan dan menciptakan inovasi di bidang pertanian.

"Jadi ada reset center, kemudian diaplikasikan di sini (Agro Dech Center)," ucapnya.

Dikatakan olehnya, Agro Tech Center akan menjadi kawasan bagi Gresik untuk mengaplikasikan inovasinya di bidang pertanian, seperti adanya drone pupuk, alat uji tanah, serta mobil uji tanah next generation.

Ia mencontohkan, alat uji tanah yang ada selama ini keakurasiannya dinilai masih rendah karena dilakukan secara manual dan kemudian Gresik mampu menciptakan inovasi terbaru. Di mana, dalam alat uji tanah sebelumnya tanah dicampur bahan dan diaduk secara manual kemudian diteteskan dikertas baru bisa dilihat kadarnya berapa.

"Saat ini sudah mengembangkan alat penguji tanah yang langsung ditancapkan ditanah dan langsung keluar hasilnya, kandungan haranya berapa, PHnya berapa, keasamannya berapa? Itu yang kita lihat dan sudah diimplementasikan di . Tadi saya juga coba mobil uji tanah nex generation, juga hasilnya bagus," paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO