Menjelajah Keindahan Bromo Lebih Detail

Menjelajah Keindahan Bromo Lebih Detail Para wisatawan saat hendak menuju kawah bromo.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com adalah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi jika Anda sedang berada di Jawa Timur. Gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memiliki daya tarik unik yaitu dengan lautan pasir yang menghampar seluas 5.250 hektar di ketinggian 2392 meter di atas permukaan laut. Gunung api yang masih aktif ini memang merupakan ikon wisata terkenal di Jawa Timur. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan gunung api lainnya di Indonesia, pemandangan yang ditawarkan tidak kalah menakjubkan. Dari puncak Gunung Penanjakan yang terletak di ketinggian 2.770m, Anda bisa menikmati indahnya sunrise di dengan latar depan Gunung Semeru.

Untuk melihat sunrise atau matahari terbit ini, kita harus terlebih dahulu di berada di gunung penanjakan. Ketika waktunya sunrise di penanjakan, para pemburu matahari terbit sudah siap sedia untuk mengabadikan moment the famous sunrise, baik dengan kamera saku maupun kamera profesional.

Ditemani dinginnya kawasan ini, pengunjung disarankan memakai jaket tebal yang tahan dingin, sarung tangan, kaos kaki dan penutup kepala. Saat sunrise kita bisa melihat proses matahari yang masih kemerahan kali pertama muncul seperti bulan sabit. Momen kemunculan ini yang biasanya bikin heboh. Pelan dan pasti matahari terus menampakkan jati dirinya, hingga bulat sempurna dan terang benderang.

Suku Tengger

Jauh sebelum Majapahit berdiri dan agama Hindu masuk ke Indonesia, kawasan Bromo sudah ditempati suku Tengger. Yadnya Kasada merupakan salah satu ritual masyarakat Tengger yang selalu digelar tiap tahun. Dalam ritual tersebut, masyarakat suku Tengger mempersembahkan sesajian berupa binatang ternak dan beraneka makanan untuk para Dewa yang mendiami gunung.

Di kawasan bermukim masyarakat suku Tengger terdapat Desa yang bernama Argosari. Desa yang masuk dalam wilayah Kabupaten Lumajang ini mempunyai sisi menarik yang belum banyak terekspose. Sisi tersebut dikenal dengan nama Puncak B29, diambil dari nama patok taman nasional. Bagaikan negeri di atas awan, Puncak B29 menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Hamparan awan yang menutupi puncak-puncak gunung, keindahan pemandangan matahari terbit, dan kearifan masyarakat suku Tengger menjadikan Bromo layak menjadi salah satu tujuan wisata alam unggulan di Indonesia.

Kawah Bromo

Lihat juga video 'Hati-Hati, Ruas Jalan Menuju Gunung Bromo Longsor':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO